04 Feb 2021, 12:22Kandungan

Telat haid dan mual, pertanda apakah?

W0
Info Penanya: W00
Permisi dok Kalau telat haid sampai 36 hari...dan dia mual dok...pertanda apakah ini
918 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore WSiklus haid wanita bisa berbeda-beda yang rata-rata 28 hari, tetapi masih dikatakan normal dalam rentang 21-35 hari. Siklus haid dikatakan terlambat jika sudah lebih dari 35 hari sejak hari pertama haid terakhir tidak datang haid. Hal ini bisa disebabkan banyak faktor. 

Haid terlambat Tanda Kehamilan

Haid terlambat lebih dari 35 hari juga bisa menjadi tanda pada suatu kehamilan bila anda dan pasangan anda sudah pernah melakukan hubungan seksual. Haid terlambat biasanya disertai dengan tanda-tanda kehamilan lainnya yaitu:
  • Mual muntah pagi hari
  • Kram perut
  • Flek coklat tanda implantasi
  • Nyeri payudara
  • Nafsu makan menurun
  • Pusing, lemas
  • Suhu tubuh terasa lebih hangat

Haid terlambat Dan Mual

Untuk memastikan kehamilan pasangan anda bisa melakukan pemeriksaan test pack kehamilan. Tanda-tanda kehamilan juga sering menyerupai gejala pada PMS (premenstrual syndrome) yang muncul 1 minggu sebelum haid. Adanya mual juga bisa disebabkan karena perut kembung pada gejala PMS atau adanya asam lambung yang meningkat yang terjadi bersamaan dengan haid terlambat.Haid yang terlambat bisa disebabkan faktor stres, kelelahan, obesitas, anemia atau adanya gangguan hormon dan organ reproduksi. Lakukan pola hidup sehat untuk memperbaiki siklus haid dengan makan bergizi seimbang, olahraga 3x seminggu minimal 30 menit dan tidur cukup 8 jam tanpa bergadang.Apabila ditemukan test pack postif atau haid tidak muncul lebih dari 3 bulan berturut-turut maka periksakan diri ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL 
siklus haidkehamilangangguan menstruasipremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil