29 Jan 2021, 14:51Kandungan

Mengapa anak 15 tahun tidak menstruasi hingga 3 bulan ?

LA
Info Penanya: LA0
Dok saya mau tanya. Kenapa ya beberapa bulan ini saya telat haid dok padahal saya belum menikah dok usia saya sekarang 15 dok sebelum nya saya nggak pernah telat haid dok sekarang udah 2 bulan berjalan ke 3 bulan dok telat nya ada yg bilang karena saya gemuk dok umur saya 15 tahun tapi berat badan sya sudah 85 dok tapi sebelum nya saya nggak pernah telat dok.tolong penjelasan nya dok
247 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, L.Keluhan telat datang bulan bukan hanya dialami oleh wanita yang sudah menikah dan berhubungan seksual secara aktif, namun dapat terjadi pula pada wanita yang masih belia, dimana hormon di dalam tubuh dalam keadaan tidak stabil. Menstruasi dapat dimulai pada anak wanita dimana ovarium mengeluarkan sel telur dalam keadaan matang, yang mana jika tidak ada sel sperma yang datang membuahi, terjadilah proses menstruasi.

Mengapa anak 15 tahun tidak menstruasi hingga 3 bulan ?

Saat masih belia, ovarium yang menghasilkan sel telur dapat teratur tiap bulan namun bisa saja ovarium tidak menghasilkan sel telur sehingga proses menstruasi terhenti. Selain itu penyebab anak 15 tahun tidak menstruasi hingga 3 bulan antara lain :
  • Berat badan yang terlalu besar menyebabkan metabolisme di tubuh Anda menjadi terganggu,begitu pula dengan horomon seterogen dan progesteron yang ada, sehingga menstruasi menjadi tidak lancar.
  • Obesitas erat kaitannya dnegan penyakit polycystic ovarium syndrome dimana kadar hormon androgen tinggi di tubuh wanita, ovarium memiliki ukuran yang tidak normal, dimana menyebabkan siklus haid menjadi terganggu.

Cara mengatasi haid yang tidak teratur pada anak 15 tahun

Cara mengatasi haid yang tidak teratur pada anak 15 tahun antara lain :
  • Anda tidak boleh stress.
  • Kurangi makanan tinggi lemak, karbohidrat, gula.
  • Lakukan aktifitas dan olahraga secara rutin.
  • Hindari bermain HP terus menerus yang membuat tubuh tidak aktif.
Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk mengatasi penyebab telat haid yang Anda alami, dan lakukan konsultasi ke dokter spesialis gizi agar diterapkan pola diet sehat, dan diseseuaikan kebutuhan kalori makanan yang harus Anda konsumsi setiap hari.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidkram menstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil