27 Jan 2021, 00:00Kandungan

Telat haid padahal sudah pakai kondom.

VG
Info Penanya: VG0
Dok ,saya baru pertamakali melakukan hubungan sexs dengan pacar saya tanggak 12 januari ini,& saya menggunakan pengaman( kondom),tapi sampai sekarang pacar saya tidak datang bulan,yng biasanya tanggal 20 sampai sekarang belum haid dok.??apakah pacar sya hamil dok..??
264 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang VG,Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, namun sama seperti metode kontrasepsi lainnya tidak akan mencegah 100%, ada kemungkinan kegagalan dan terjadi kehamilan sekitar 1%. Kegagalan ini bisa terjadi misal akibat kondom yang Anda gunakan bocor, atau terlambat memakai kondom, kondom lepas akibat ukurannya terlalu besar.

Perihal kenapa pacar Anda belum haid maka ada beberapa kemungkinannya yakni:

  • Sedang hamil.
  • Stres takut hamil dan hal ini sangat wajar terjadi pada wanita. Akibat takut hamil maka tanpa disadari pacar Anda akan stres dan stres ini akan mengganggu keseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh.
  • Perubahan berat badan.
  • Tidak pernah olahraga.
  • Terlalu sering bergadang.
Yang perlu pacar Anda lakukan adalah melakukan tes pack bila sudah 1 minggu terlambat haid. Bila hasilnya negatif maka jalankan pola hidup sehat. Pola hidup sehat yang bisa dijalani antara lain seperti banyak makan sayur, buah, minum air putih yang banyak serta rutin olahraga. Namun bila hasilnya positif maka bawa pacar Anda ke dokter kandungan untuk USG agar bisa dipastikan kehamilannya.Salam sehat,dr. Vina
hubungan seksualhamiltest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil