21 Jan 2021, 16:13Kandungan

Apa yang menyebabkan telat haid 1 minggu apakah hamil ?

AI
Info Penanya: AI0
Dok saya ingin bertanya saya sudah telat haid 1 mingguan karena haid terakhir bulan kemarin itu tanggal 15 karena saya pernah telat haid sebelum nya tapi tidak sampe semingguan dok apa ini tanda hamil?
248 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, A.Telat haid yang dialami wanita baik beberapa hari maupun beberapa bulan lebih dari siklus haid yang dialami ataupun lebih dari siklus haid normal memang bisa merupakan sebuah tanda terjadi kehamilan. Namun tidak semua telat haid pasti karena sebuah kehamilan, banyak faktor lain yang mempengaruhi siklus haid seorang wanita.

Apa yang menyebabkan telat haid 1 minggu apakah hamil ?

Siklus haid setiap wanita berbeda-beda, namun rata-rata wanita akan mengalami menstruasi setiap 28 hari sekali. Siklus haid normal yang ada 21 hingga 35 hari. Siklus haid ini bisa memanjang lebih dari siklus haid normal, atau memendek kurang dari siklus normal. Faktor yang menyebabkan siklus haid seorang wanita memanjang sehingga telat 1 minggu dari jadwal menstruasi seharusnya antara lain :
  • Kehamilan.
  • Gangguan siklus haid akibat wanita sedang stress atau kelelahan.
  • Gangguan metabolisme tubuh karena wanita terlalu kurus atau terlalu gemuk.
  • Penggunaan alat kontrasepsi mengandung hormon progesteron.

Bagaimana cara mengatasi telat haid 1 minggu ?

Cara mengatasi telat haid 1 minggu adalah dengan mencari tahu faktor apa yang dapat menganggu siklus haid. Anda dapat melakukan pemeriksaan urin menggunakan alat test pack jika dalam bulan Januari tidak mengalami haid sama sekali, dan dapat diulang sekitar 1 hingga 2 minggu setelah pengecekan pertama jika hasil masih negatif. Gunakan alat kontrasepsi yang tidak mengandung hormon. Terapkan hidup sehat, dengan menjaga berat badan ideal, dan berolaharaga secara rutin baik di rumah maupun di luar rumah. Konsumsi makanan yang bergizi. Kelola stress karena pekerjaan dan urusan rumah tagga dengan bijak.Jika Anda tidak kunjung mengalami menstruasi, walau sudah menerapkan pola hidup yang sehat, dan tidak mengalami tanda maupun keluhan seperti ibu hamil, maka segera kontrol ke dokter spesialis kandungan yang ada.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil