13 Jan 2021, 08:00Kandungan

Apakah yang menyebabkan terlambat haid?

SF
Info Penanya: SF0
Selamat pagi dok,saya SA saya sudah tidak halangan sudah 1 minggu tetapi setiap halangan selalu maju dari tanggal 1,5,10,9,6 dan bulan ini telat tidak sepeti tanggal sebelum nya,melakukan hubungan cuman keluar nya tidak di dalam tapi di luar,teruss apakah yg menyebab kan saya telat halangan?
195 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaan AndaTerlambat haid pada wanita bisa terjadi karena beberapa kondisi seperti kehamilan atau karena adanya faktor lain yang bisa mempengaruhi siklus haid. Perlu diketahui bahwa siklus haid wanita dihitung sejak hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid kembali pada periode haid yang berikutnya. Siklus haid ini dihitung jumlah harinya, sehingga setiap bulan tidak selalu datang di tanggal yang sama. Hal ini dikarenakan pada setiap bulan mempunyai jumlah hari yang berbeda-beda. Secara normal siklus haid wanita adalah 21-35 hari.

Selain karena hamil, beberapa faktor yang bisa menyebabkan wanita terlambat haid adalah:

  • Gangguan hormon
  • Sindrom polikistik ovarium (PCOS)
  • Stres, kelelahan disik, emosi tidak stabil, cemas
  • Obesitas atau adanya perubahan berat badan mendadak
  • Efek samping KB
  • Kondisi kesehatan pada organ reproduksi wanita
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, penyebab Anda tidak selalu haid di tanggal yang sama setiap bulannya adalah karena perhitungan siklus haid dihitung berdasarkan jumlah hari dan setiap bulan mempunyai jumlah hari yang berbeda-beda. Bila ada riwayat melakukan melakukan hubungan seksual, walaupun dilakukan ejakulasi di luar sebaiknya tetap lakukan tes kehamilan bila siklus haid Anda mengalami keterlambatan untuk lebih memastikan. Jika hasilnya negatif, beberapa kemungkinan penyebab terlambat haid pada Anda bisa karena beberapa penyebab yang sudah di sebutkan di atas.Jagalah kesehatan dan kebersihan vagina, tetap konsumsi makanan yang bergizi, konsumsi sayur dan buah, lakukan istirahat cukup, hindari kelelahan, jaga berat badan tetap ideal, atasi stres dan olahraga dengan rutin. Lakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan jika keluhan yang Anda rasakan belum juga membaik untuk mendapatkan tatalaksana dan pengobatan lelbih lanjut.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhubungan seksualkehamilanhaidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil