08 Jan 2021, 12:34Kandungan

Apakah tidak haid hingga 2 bulan karena kehamilan atau pasca KB ?

YM
Info Penanya: YM0
Assalammualaikum dok maaf mengganggu waktu dokter,,,,begini dok saya kan nikah bln 1_2020 disitu saya ikut KB suntik yg 1bln 3x dok setelah lepas KB haid lancar dok cuma siklusnya 43hari & bulan berikutnya 3bln saya tidak haid trs normal LG dengan siklus yg sama dok,,,,& terakhir menstruasi saya tgl 26_10_2020 dok & Sampek sekarang 2bln lbh 8hari saya tidak haid......saya sempet periksa & tespack d bidan dok tgl 28_11 kemarin namun hasilnya negatif terus saya coba test sendri drmh denga
124 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, Y.Saat setelah menikah, banyak pasangan yang ingin segera mempunyai anak, terutama pada pasnagayang menikah dengan usia yang telah matang, siap secara fisik, mental, dan ekonomi. Namun ada beberapapasangan yang setlah menikah memilih untuk menunda kehmailan dikarenakan pasangan yang masih kuliah, fisik dan mental yang belum siap, atau alasan lainnya. banhyka cara yang bisa dilakukan oleh pasangan untuk menunda kehamilan, slaah satunya menggunakan alat kontrasepsi hormonal yaitu suntik KB 1 bulan.

Apakah tidak haid hingga 2 bulan karena kehamilan atau pasca KB ?

Tidak haid selama berbulan-bulan dapat disebabkan oleh kehamilan yang ditandai dengan gejala lainnya seperti keinginan untuk kencing yang meningkat, rasa mual yang terlalu berlebihan terutama di pagi hari, rasa tidak enak dan keram di perut dengan perdarahan dalam jumlah sedikit, perubahan pada tubuh dan payudara. Selain itu penyebab tidak haid hingga 2 bulan yang Anda alami dapat disebabkan oleh :
  • Hormon yang masih tidak stabil karena pasca penggunaan KB suntik.
  • Hormon yang terganggu karena berat badan tidak ideal, stress berkepanjangan, penyakit hipotiroid.
  • Penyakit PCOS.
  • Siklus mesntruasi yang lebih memanjang.

Kapan harus ke dokter spesialis kandungan ?

Anda sebaiknya ke dokter spesialis kandungan jika keluhan tidak haid terjadi hingga berbulan-bulan, baik yang diikuti dengan gejala kehamilan lainnya, atau tidak. Tidak haid selama berbulan-bulan sulit untuk menentukan masa subur, sehingga kehamilan juga sulit dicapai.  Anda harus menerapkan pola hidup sehat, begitu pula dengan pasangan Anda. Lakukan olahraga secara rutin. Konsumsi makanan sehat, hindari makanan cepat saji dan makanan kemasan. Kelola stress dengan baik. Penerapan pola hidup sehat ini akan membuat tubuh Anda menjadi sehat dan hormon yang ada di tubuh menjadi stabil.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
merencanakan kehamilankontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil