24 Dec 2020, 14:48Kandungan

Penyebab telat haid apakah selalu karena kehamilan ?

YS
Info Penanya: YS0
dok mau tanya, saya haid 18 nov - 23 nov saya sudah telat haid sekarang dan saya sudah test pack hasilnya negatif, dan saya melalukan hubungan tidak memasukan seperma ke dalam vagina apa itu hamil atau tidak, dan apakah itu berbahaya?
442 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, Y.Proses terjadinya haid dapat dihitung dari siklus haid yang biasanya Anda alami. Rata-rata seorang wanita akan mengalami haid dengan siklus 28 hari. Siklus haid normal 21 hingga 35 hari. Jika dihitung dari hari pertama haid terakhir Anda yaitu tanggal 18 November ke 25 Desember yaitu sudah 37 hari yang melebihi siklus menstruasi normal.

Penyebab telat haid apakah selalu karena kehamilan ?

Penyebab telat haid selain karena kehamilan akibat perubahan hormon esterogen dan progesteron yang mengatur proses menstruasi, dan meningkatnya hormon kehamilan di dalam tubuh, dapat pula disebabkan oleh :
  • Gangguan hormon esterogen dan progesteron akibat pengguaan alat kontrasepsi hormonal. Ada beberapa alat kontrasepsi yang mengganggu siklus menstruasi antara lain alat kontrasepsi implan, KB suntik 3 bulan, ataupun pil KB yang hanya mengandung esterogen atau progesteron.
  • Siklus menstruasi yang memanjang akibat ketidakseimbangan gizi tubuh pada obesitas atau malnutrisi.
  • Gangguan metabolisme tubuh karena penyakit gondok atau hipotiroid.
  • Banyak pikiran yang menyebabkan stress dan kelelahan dapat menganggu datangnya haid.

Apakah ejakulasi di luar vagina masih dapat menyebabkan kehamilan ?

Saat berhubungan seksual yang tidak melakukan ejakulasi di dalam vagina memang menurunkan risiko terjadinya kehamilan, namun karena cairan praejakulasi juga dapat mengandung sperma, maka kemungkinan terjadinya kehamilan tidak bisa disingkirkan 100 %. Untuk itu, gunakan alat kontrasepsi yang sesuai dan nyaman bagi Anda dan serta pasangan. Pilih alat kontrasepsi yang dapat mencegah kehamilan dan mencegah terjadinya infeksi menular seksual.

Mengapa hasil test pack masih negatif meski sudah telat haid ?

Hasil test pack negatif yang Anda lakukan dapat disebabkan oleh penggunaan alat test pack yang kurang sensitif, alat yang rusak, urin yang tidak terlalu pekat, jumlah urin yang terlalu banyak atau sedikit, urin yang diperiksa telah bercampur dengan air, ataupun karena hormon kehamilan atau hormon HcG yang belum terlalu meningkat di tubuh sehingga tidak terdeteksi di urin. Anda dapat melakukan pemeriksaan kehamilan yang lebih akurat menggunakan USG transvaginal di dokter kandungan atau mencoba test pack ulang 1 minggu kemudian.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
merencanakan kehamilantes kesuburankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil