24 Dec 2020, 10:21Kandungan

Penyebab keluarnya keputihan dan bercak darah dari vagina

AJ
Info Penanya: AJ0
Slamat siang dok mau tanya istri saya telat haid satu minggu skarang perut terasa kembung dan sakit,,kmarin keluar keputihan sama bercak darah sedikit knapa ya dok??
1278 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang Aj,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Penyebab keluarnya keputihan dan bercak darah berupa flek kecoklatan dapat dsiebabkan oleh banyak hal termasuk karena hubungan seksual. Proses penetrasi yang terlalu kuat dengan kondisi vagina yang kering karena pelumas alami yang dihasilkan tidak optimal, membuat vagina menjadi lecet, perih, nyeri saat berhubungan seksual, bahkan keluar darah pasca berhubungan. Cara mencegahnya adalah dengan menggunakan pelumas buatan yang berbahan dasar air ataupun dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu seperti berciuman sebelum memulai hubungan seksual.

Penyebab keluarnya keputihan dan bercak darah dari vagina

Selain karena berhubungan seksual, penyebab keluarnya keputihan dan bercak darah berupa flek kecoklatan antara lain :
  • Pasca pemasangan alat kontrasepsi dalam rahim (IUD), atau pergeseran IUD yang melukai dinding rahim dan serviks.
  • Ketidakseimbangan hormon karena penggunaan alat kontrasepsi hormonal terutama KB implan, KB suntik 3 bulan, atau penggunaan pil KB esterogen.
  • Proses implantasi yaitu penempelan janin setelah terjadinya pembuahan. Penempelan janin ini di dinding rahim yang akan menyebabkan timbulnya perdarahan baik sedikit ataupun banyak.
  • Gejala seorang wanita yang akan mengalami menstruasi, dapat diikuti pula dengan keram pada perut serta payudara.
  • Infeksi pada vagina dapat disebabkan oleh keputihan karena jamur, keputihan karena infeksi bakteri, atau keputihan akibat ransangan seksual yang disertai oleh darah.

Penyebab telat haid apakah selalu karena kehamilan ?

Penyebab telat haid yang Istri Anda alami harus dihitung terlebih dahulu siklus menstruasi biasa yang terjadi pada istri Anda, dan dibandingkan dengan siklus menstruasi normal yaitu 21 hari hingga 35 hari. Rata-rata wanita akan mengalami menstruasi dalam 28 hari setelah hari pertama haid terakhir. Jika Istri Anda memang telat haid, maka dapat dilakukan pemeriksaan kehamilan menggunakan test pack atau melakukan pemeriksaan langsung ke dokter kandungan menggunakan USG.Semoga bermanfaat dan salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
meningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil