21 Dec 2020, 16:47Kandungan

Penyebab perut buncit dan keras selain kehamilan

SS
Info Penanya: SS0
Dok saya mau tanya. Perut saya buncit dan keras di sebelah kiri,saya juga telat haid 3bln tapi tidak timbul bercak darah layaknya tanda orang hamil. Jadi,apakah saya hamil atau tdk?
5099 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo S,Saya akan mecoba menjawab pertanyaan Anda.Perut merupakan salah satu bagian tubuh yang terdiri dari bermacam-macam organ antara lain, lambung, usus besar, usus halus, usus dua belas jari, kandung kemih, rahim, ovarium, ginjal dan berbagai macam organ lain. Jika salah satu organ ini mengalami gangguan, maka harus dicaritahu terlebih dahulu penyebabnya agar bisa diatasi dengan baik.

Penyebab perut buncit dan keras

Penyebab perut buncit dan keras ada bermacam-macam faktor, bisa dari keadaan perut yang tertutupi oleh lemak (obesitas sentral) antaupun karena penyebab lainnya seperti :
  • Penumpukan cairan akibat rendahnya kadar albumin pada tubuh. Biasanya terjadi pada pasien penyakit kronis seperti kanker, sirosis hepatis, gagal jantung.
  • Trauma atau benturan pada perut menyebabkan perdarahan saluran cerna.
  • Kista pada rahim dan ovarium.
  • Kehamilan anggur yang memberikan gambaran perut membesar lebih dari seharusnya usia kehamilan.
  • Kehamilan normal yang didahului oleh telat haid dan diikuti tanda-tanda kehamilan yang ada. Namun untuk sebagian orang, tanda-tanda kehamilan tidak dirasakan sehingga harus periksa urin dengan test pack dan pemeriksaan USG yang lebih akurat di dokter kandungan.
Jika keluhan telat haid yang Anda rasakan terus berlanjut, cari tahu penyebab telat haid tersebut, apakah karena penggunaan alat kontrasepsi yang mengandung hormon, apakah ada penyakit penyerta lain seperti gangguan hormon tiroid, dan penyakit lupus, apakah karena ketidakseimbangan gizi pada berat badan obesitas dan malnutrisi. Anda harus menerapkan pola hidup sehat dan jaga berat badan ideal. Kelola stress dengan baik dan istirahat yang cukup. Segera ke dokter kandungan jika gejala berlanjut.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
kesehatan kandungantes kehamilanpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil