08 Dec 2020, 16:36Kandungan

Penyebab telat haid selain kehamilan

HT
Info Penanya: HT0
Dok... Di bulan akhir september saya dapet haid belum genap sebulan di tgl 11 Oktober nya dapet haid lagi 5 hari tapi sampe sekarang belum dapet haid lagi apa itu normal..? Tanpa berhubungan intim.
377 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo H,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Telat haid dapat disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya kehamilan. Bagi pasangan yang menanti momongan, ini membuat rasa bahagia yang campur aduk, apakah telat haid ini disebabkan oleh kehamilan apa bukan. Karena selain itu telat haid juga dapat disebabkan oleh faktor gangguan siklus haid.

Penyebab telat haid 

Penyebab telat haid antara lain :
  • Kehamilan. Saat terjadi kehamilan, hormon kehamilan HCG akan meningkat untuk menjaga kehamilan agar tetap bertahan di dalam rahim. Hormon yang lainpun seperti esterogen dan progesteron berubah, menyebabkan peroses haid terhenti.
  • Menyusui juga dapat membuat seorang wanita tidak haid terlebih jika menyusui bayi secara eksklusif.
  • Gangguan siklus haid normalnya 21-35 hari, namun rata-rata perempuan mengalami 28 hari siklus haid. Siklus haid ini dapat memendek, kurang dari 21 hari, dan dapat memanjang lebih dari 35 hari seperti yang Anda alami dihitung mulai hari pertama haid terakhir Anda yaitu 11 Oktober hingga hari ini.
  • Penggunaan KB terutama KB yang mengandung hormon.
Jika setelah haid hingaa saat ini Anda tidak melakukan hubungan seksual, maka kemungkinan terjadinya kehamilan dapat disingkirkan. Telat haid yang Anda alami dapat disebabkan oleh faktor yang lain seperti kelelahan fisik akibat pekerjaan yang terlalu banyak, ketidakseimbangan gizi akibat BB yang tidak ideal, stress yang mempengaruhi hormon tubuh, ataupun penyakit penyerta lainnya seperti diabetes, lupus, atau gangguan tiroid.Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan jika telat haid terus berlangsung.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
hormon sekshormon tiroidmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil