28 Nov 2020, 17:10Kandungan

Gunakan kontrasepsi jika ingin menunda kehamilan

G
Info Penanya: G0
Sore dok. Mau tanya, saya berhubungan dengan pasangan saya tgl 8 november lalu. Tapi tidak keluar di dalam, setelah itu sudah diberishkan dan malamnya sempat bermain kembali tapi hanya menggunakan tangannya saja dok. Saat ini saya belum juga haid, bulan lalu saya haid sekitar tgl 19san. Apakah itu bisa terjadi hamil?
161 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Sore G,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Siklus haid yang Anda alami di 19 Oktober hingga saat ini 29 November adalah 41 hari. Siklus ini memanjang dari siklus haid normal yaitu 21-35 hari. Salah satu penyebab siklus menstruasi yang memanjang adalah kehamilan.

Tanda-tanda kehamilan

Tanda-tanda kehamilan dapat berbeda-beda tiap orang, antara lain :
  • Telat haid
  • Perubahan suasana hati
  • Rasa keram di perut dapat disertai flek
  • Perubahan dan rasa nyeri di payudara
  • Mual muntah yang lebih dirasakan saat pagi hari
Anda dapat melakukan pemeriksaan urin saat hormon kehamilan yaitu hormin HCG meningkat sejak usia kehamilan 6 minggu. Jika test pack masih negatif, coba lakukan pengecekan ulang 1 minggu kemudian. Tes urin di pagi hari, dan usahakan untuk tidak berhunungan seksual ataupun menggunakan pembersih kewanitaan terlebih dahulu.Jika Anda dan pasangan ingin menunda kehamilan, sebaiknya menggunakan alat kontrasepsi yang ada. Proses penetrasi dapat menyebabkan kehamilan walau ejakulasi terjadi di luar vagina. karena cairan yang keluar dari penis sebelum terjadi ejakulasi dapat mengandung sperma walau dalam jumlah yang sedikit.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
kehamilankontrasepsisperma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil