25 Nov 2020, 15:02Kandungan

Penyebab keluar darah dari vagina setelah berhubungan

TR
Info Penanya: TR0
Dok sya mau tnya, sya sudh telat haid 3 hari. Bln oktober kmrin sya haid per1 tgl 17 bln ini sama sekali belum.sya pakai aplikasi&menandakan sy haid telat 3 hri.Pernah suatu mlm saat telat haid 1 hr saya HB dgn suami, eh stlah selesai HB ko cairan yg menempel/keluar di suami sy ko merah. Seperti darah dgn wrna mrah segar. Tapi saat itu &esokan paginyapun tdk ada darah lg. Lalu 2 hr kmudian,pagi2 ny sya pakai tespeck krn sy penasaran.Tp hasilny ngatif. Itu kira2 knp y dok.mhon pnjlsannya.mksi dok
211 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo TR,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Keluar darah yang anda rasakan dapat terjadi karena luka gesekan akibat berhubungan seksual. Terjadinya luka pada vagina dapat diperparah jika kondisi vagina kering, rasa tidak enjoy saat melakukan hubungan seksual, ataupun karena infeksi pada vagina.

Penyebab keluar darah dari vagina

Beberapa penyebab keluar darah dari vagina, antara lain :
  • Berhungan seksual
Sebelum berhubungan sebaiknya melakukan teknik foreplay terlebih dahulu. Ini akan membuat pasangan menjadi nyaman, menghasilkan pelumas di vagina, dan berhubungan seksual menjadi tidak sakit atau perih, sehingga tidak menimbulkan luka yang dapat mengeluarkan darah.
  • Mentruasi
Menstruasi tiap wanita bisa tidak tepat sesuai tanggal yang seharusnya, ini diakibatkan oleh gangguan siklus haid. Banyak faktor yang mempengaruhi silus haid, diantaranya adalah pengguaan KB.
  • Keputihan
Keputihan sering terjadi pada wanita. Keputihan juga dapat disebabkan oleh hubungan seksual, karena saat berhubungan seksual, bakteri masuk ke vagina yang dapat menyebabkan infeksi. Keputihan yang bercampur darah juga dapat keluar sebagai flek coklat.
  • Keguguran
Ada beberapa jenis keguguran antara lain keguguran (abortus) imminens. Keguguran jenis ini ditandai pengeluaran darah namun tidak diikuti rasa nyeri.Anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut jika darah yang keluar terus menerus dikuti rasa keram diperut, perubahan mood, atau muntah di pagi hari.Semoga bermanfaat."Salam sehat.dr.Lidya Hapsari."
mualgangguan menstruasiabortus imminens
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil