19 Nov 2020, 14:45Kandungan

Telat haid dan perut kram, apakah ada kemungkinan hamil?

DK
Info Penanya: DK0
Dok sya mw tanya biasa ny sya haid,misal ny tgl 23 September d bln Oktober sya haid tgl 18 brarti maju 5 hari.tp bln 11 in sya blm haid,dn pinggang terasa sakit perut kdang" keram.ap lh ad kemungkinan hamil dok?
259 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang DK,Siklus menstruasi yang normal adalah antara 21-35 hari sekali. Jika sebelumnya menstruasi maju tapi masih diantara rentang normal, maka tidak perlu dikhawatirkan. Jika saat ini belum haid, tetapi ada riwayat berhubungan seksual tanpa menggunakan pengaman sebelumnya bisa coba perhatikan ada tidak tanda kehamilan dan bisa coba tes kehamilan menggunakan testpack.Terlambat menstruasi sendiri tidak hanya bisa disebabkan oleh kehamilan. Jika ada pinggang yang terasa sakit, perut kram, bisa merupakan gejala PMS. Gejala PMS sendiri bisa mengecoh dengan gejala awal kehamilan, jadi jika belum menstruasi coba perhatikan 1-2 minggu, jika tidak menstruasi juga bisa testpack.

Penyebab terlambat menstruasi

Beberapa kemungkinan lain yang jadi penyebab terlambat menstruasi diantaranya adalah:
  • Hormon yang terganggu
  • Sedang mengalami beban pikiran atau stres
  • Masalah organ reproduksi
  • Terdapat PCOS, kista, ataupun masalah organ reproduksi lainnya
  • Ada penyakit kronis atau penyakit hormonal seperti tiroid
Jadi untuk saat ini perbaiki keseharian, upayakan bisa olahraga rutin, perbaiki pola makan atau aktivitas fisik jangan terlalu lelah, dan kendalikan stres dan kelola dengan baik. Jika ternyata tidak menstruasi juga dan testpack negatif, periksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan jika sampai 90 hari belum juga menstruasi. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil