18 Nov 2020, 06:28Kandungan

Telat haid muncul flek, apakah haid atau bukan?

SS
Info Penanya: SS, Wanita0
Dok saya sudah berhenti kb selama 7 bulan .saya telat haid 7 hari.tapi ke 8 harinya ada darah .apa itu darah mensturasi dok ??
235 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaan AndaSecara idealnya, wanita akan memiliki siklus haid 21 hari - 35 hari. Untuk mengetahui siklus haid bisa dihitung sejak hari pertama haid terakhir hingga hari pertama pada periode haid berikutnya. Terlambat haid salah satunya bisa terjadi karena kehamilan. Selain kehamilan, terlambat haid juga bisa karena beberapa faktor yang mempengaruhiKeluarnya flek atau perdarahan setelah terlambat haid bisa terjadi karena darah haid ataupun karena perdarahan implantasi, yaitu perdarhan pada awal kehamilan. Perdarhan implantasi ini terjadi sekitar 6-12 hari setelah terjadi pembuahan, dimana kondisi perdarahan ini disebabkan oleh menempelnya calon janin pada dinding rahim. Namun, perlu diketahui ciri-ciri dari perdarahan implantasi ini untuk membedakannya dengan perdarahan karena haid. 

Ciri-ciri dari perdarhan implantasi yang perlu Anda ketahui adalah:

  • Durasinya pendek, hanya beberapa jam atau paling lama 3 hari
  • Tidak ada gumpalan
  • Hanya berupa bercak
  • Berwarna merah terang atay kecoklatan
Sedangkan, untuk perdarahan haid bisa berupa bercak (flek) yang diikuti cair kekentalan atau bahkan mengeluarkan gumpalan pada hari berikutnya. Terjadi selama 3- 7 hari. Dengan warna perdarahan merah kecoklatan, merah gelap, merah kehitaman. Selain itu untuk emmastikan apakah Anda hamil atau tidak, Anda bisa melakukan test kehamilan (test pack), pemeriksaan fisik dokter serta pemeriksaan scanning atau USG kehamilan ke dokter spesialis kandungan terdekat.Usahakan Anda tetap makan makanan sehat bergizi, konsumsi juga buah dan sayur, jaga kebersihan area kewanitaan, gantilah pembalut setiap 4 jam sekali ketika sedang haid, lakukan olahraga ringan secara rutin agar kesehatan tubuh dan organ reproduksi tetap terjaga. Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidkehamilanhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil