10 Nov 2020, 05:19Kandungan

Telat haid, pusing dan sakit perut bawah

MN
Info Penanya: MN0
Dok mau tanya, kalo telat haid sudah 2 minggu terus merasakan pusing, sakit di bagian perut bawah, sakit pinggang. Apa itu tanda kehamilan dok? Tapi pas telat 1 minggu di coba tespack hasilnya negatif dok. Mohon penjelasan nya dok.???
382 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang MN,Terlambat menstruasi adalah kondisi yang tidak selalu disebabkan karena kehamilan. Ada beragam faktor lain yang bisa membuat seseorang mengalami terlambat menstruasi. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah:
  • Efek samping kontrasepsi
  • Mengalami stres, cemas, takut
  • Kelelahan
  • Gangguan hormonal
  • Masalah organ reproduksi
  • Masalah berat badan
  • Memiliki riwayat gangguan tiroid
Untuk itu jika tidak terjadi kehamilan maka hasil testpack akan tetap memberikan hasil negatif. Jika sampai lebih dari 90 hari tetap tidak terjadi menstruasi dan kembali mengulang testpack tetap didapatkan hasil negatif, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Nantinya akan dilakukan pemeriksan baik pemeriksaan fisik, pemeriksaan hormonal, pemeriksaan lab darah lain dan juga pemeriksaan USG.Upayakan memperbaiki kesehariannya agar menstruasi bisa kembali lancar. Jika sudah menikah dan aktif berhubungan seksual, maka bisa kembali diulang melakukan testpack dalam 14 hari. Jika didapatkan hasil samar, bisa coba dipastikan dengan pemeriksaan USG. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil