06 Nov 2020, 05:49Kandungan

Telat haid tapi hasil testpack negatif

RA
Info Penanya: RA0
Selamat pagi Dok, saya baru menikah. Saya telat haid tanggal 4 september. Sampai sekarang, 6 november saya test pack hasilnya negatif. Tapi semenjak saya telat haid, payudara sakit jika tersentuh dibagian putingnya dan terlihat membesar. Saya juga setiap pagi dan magrib mual. Perut rada membesar sehingga saya sudah sulit jongkok sembarangan (harus pelan), saya juga menggunakan aplikasi yg berfungsi mencatat saya haid, pada aplikasi tertera saya telat haid 27 hari. Mohon penjelasannya. Trimakasih
384 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam RA,Terlambat menstruasi adalah keluhan yang sering dikaitkan dengan kehamilan terlebih jika sudah menikah. Terlambat menstruasi sendiri sebenarnya memiliki banyak kemungkinan penyebab. Jika sudah dilakukan pemeriksaan testpack tetapi hasilnay negatif, tidak perlu berkecil hati. Bisa coba ulang pemeriksaan dalam 1 minggu ke depan jika belum juga menstruasi. Keluhan yang saat ini terjadi bisa merupakan efek perubahan hormonal, baik karena menjelang menstruasi berikutnya ataupun kemungkinan hamil. Jika nanti dilakukan pengulangan testpack dan hasilnya tetap negatif, berarti terlambat haid bukan disebabkan oleh kehamilan, tetapi bisa beberapa penyebab lain seperti:
  • Hormon yang tidak seimbang
  • Mengalami masalah pada organ reproduksi, bisa karena polip, bisa karena fibroid rahim atau miom, bisa karena kista
  • Berat badan yang tidak ideal
  • Mengalami kelelahan, bisa karena aktivitas berat
  • Masalah psikologis seperti stres
  • Efek samping obat tertentu
Jika nanti sampai 90 hari tetap tidak haid, maka perlu dilakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan lab darah, pemeriksaan USG ataupun pemeriksaan hormon untuk memastikan apa penyebabnya. Penanganan akan dilakukan sesuai dengan penyebabnya, bisa diberikan terapi hormonal ataupun jika nantinya diperlukan tindakan medis. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil