05 Nov 2020, 12:21Kandungan

Flek setelah telat haid, apakah tanda implantasi?

LN
Info Penanya: LN0
Selamat siang dok. Saya ingin bertanya, saya telat haid 17 hari keesokannya saya keluar darah berwarna merah muda selang beberapa jam berganti warna merah pekat dan keesokannya berwarna cokelat tua, darah yang keluar lebih sedikit dari haid yang sebelum-sebelumnya, dan darah yang keluar lebih jarang waktunya. Kira-kira ini darah haid atau darah implatansi ya dok.
2041 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, LNLTerima kasih atas pertanyaannya.Pada setiap wanita akan mengalami haid setiap 28 hari sekali atau 21-35 hari sekali.  Haid itu adalah peluruhan dinding rahim akibat tidak adanya pembuahan sel telur.  Apabila haid tidak datang dalam waktu tertentu maka bisa terjadi gangguan pada hormon atau penyakit yang mendasari.  Sedangkan kehamilan dapat terjadi karena adanya pembuahan sel telur oleh sel sperma.  Pembuahan akan diikuti oleh perlekatan sel telur pada dinding rahim untuk kemudian berkembang menjadi janin.  Saat terjadi perlekatan pada dinding rahim, beberapa wanita akan mengalami perdarahan ringan atau darah implantasi.  Flek ini hanya terjadi 1-2 hari dengan darah berwarna merah muda hingga coklat, cair, dan jarang ada gumpalan seperti pada darah haid.  Selain darah implantasi adapula tanda-tanda kehamilan lainnya.

Tanda-tanda kehamilan :

  • Telat haid.
  • Payudara menjadi lebih nyeri,
  • Kram perut atau nyeri punggung.
  • Buang air kecil terus menerus.
  • Mual atau muntah.
  • Perubahan suasana hati.
  • Pusing dan lemas.
Jika ada riwayat berhubungan intim sebelumnya, anda bisa lakukan testpack untuk melihat adanya hormon kehamilan pada urin.  Apabila hasil samar anda dapat ulang testpack kembali 10 hari kemudian untuk memastikan.  Sementara ini istirahat cukup dan hindari stress, menjaga berat badan, pola makan sehat, serta olahraga rutin dapat membantu melancarkan siklus haid.  Anda dapat periksa ke dokter kandungan apabila telat haid 3 bulan atau testpack positif. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidkehamilanmenstruasigangguan menstruasiflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil