08 Oct 2020, 08:30Kandungan

Mengapa telat haid 15 hari disertai gajala seperti hamil, tetapi test pack negatif ?

AN
Info Penanya: AN0
Dok, mau nanya nih, aku udh telat 15 hari smua gejala hamil z rsakan mual, perut kram, PD nyeri pinggang sakit tpi hasil testpeck negatif padahal siklus haid sy lancar tiap bulan gk pernah telat selama in, mohon dijelaskan dok ap sy benar² gk hamil?
3872 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat malam, AN.Telat haid merupakan kadaan yang kerap dialami wanita dan diidentikan dengan kondisi kehamilan. Namun demikian, keadaan telah haid sendiri masih dapat disebabkan oleh berbagai faktor lainnya yang umumnya berhubungan dengan hormon pengatur siklus haid.

Berikut berbagai faktor penyebab telat haid, antara lainnya adalah :

  • pola makan tidak sehat
  • obesitas
  • terlalu kurus
  • kurang berolah raga
  • program tertentu seperti atlet
  • stres, kecemasan berlebih dan gangguan emosi lainnya
  • penggunaan obat tertentu sperti pil KB
  • penyakit tertentu seperti fibroid rahim, gangguan pada kelenjar tiroid an lain-lainnya
Mengenai keadaan telat haid Anda yang sudah terjadi selama 15 hari umumnya memang merupakan waktu yang cukup untuk melakukan pemeriksaan test pack. Namun demikian, hormon kehamilan bisa saja belum terlalu tinggi sehingga tidak terdetiksi pada test pack. Maka apabila seminggu kemudian haid masih tidak kunjung datang, test pack dapat diulang, agar lebih akurat. Sementara menunggu hingga minggu depan, apabila sedang menjalani program kehamilan, ada baiknya untuk mulai mengonsumsi vitamin asam folat.Jika kedua hasil test pack negatif, maka penyebab telat haid pada Anda mungkin merupakan salah satu faktor diatas. Begitu pula mengenai gejala-gejala penyerta yang dialami masih dapat berupa gejala pra-menstrual, namun karena hampir serupa maka banyak wanita yang keliru dengan tanda awal kehamilan.Apabila haid tidak datang juga setelah 90 hari namun test pack tetap negatif, periksakanlah secara langsung kepada dokter Kandungan.Salam sehat, dr. Rahmita Dewi 
kehamilangangguan menstruasipremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil