29 Sep 2020, 04:22Kandungan

Telat haid, kenapa?

IA
Info Penanya: IA, Wanita, 24 Tahun
Assalamualaikum, Dok.Saya mau tanya,Dok.. Jadi begini saya itu bulan Agustus kemarin haidnya di tanggal 17 nah pas d September ini saya harusnya haid di tanggal 19 tapi hingga tanggal 29 ini saya belum haid juga.. Padahal ada tanda² seperti akan haid (kram perut, pinggang sakit), tidak ada tanda² kehamilan (flek, mual, pusing dan perubahan di daerah payudara) dan juga ada keputihan, Dok.. Mohon penjelasannya, Dok
230 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ITerima kasih atas pertanyaan AndaSetiap wanita mempunyai siklus haid yang berbeda-beda. Siklus haid dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT) sampai dengan hari pertama haid pada periode haid berikutnya, secara normal wanita mempunyai siklus haid 21 - 35 hari. Perbedaan siklus haid pada wanita ini salah satunya disebabkan oleh hormon tubuh masing-masing wanitaSiklus haid yang terlambat, terjadi salah satunya karena adanya kehamilan terlebih bila ada riwayat melakukan hubungan seksual sebelumnya. Namun, selain karena kehamilan, terdapat kondisi yang bisa mempengaruhi siklus haid seorang wanita. 

Kondisi yang mepengaruhi siklus haid wanita adalah:

  • Kondisi emposional yang tidak stabil, stres, kecemasan
  • Kondisi fisik, kelelahan, obesitas, perubahan berat badan
  • Efek samping KB dan atau obat-obatan tertentu
  • Gangguan hormon pada tubuh, seperti pada penyakit tiroid, PCOS
  • Kondisi medis tertentu pada organ reproduksi
Jika HPHT Anda adalah 19/08/2020 sampai dengan hari ini (28/09/2020) terhitung sudah 42 hari, maka dapat dikatakan terlambat. Jika terdapat riwayat melakukan hubungan seksual, lakukanlah tes kehamilan. Beberapa kemungkinan penyebab selain kehamilan, sudah disebutkan di atas. Keluhan yang Anda rasakan juga bisa disebabkan oleh premenstrual syndrome (PMS). Untuk bisa memastikannya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.Usahakan untuk mengatasi stres, hindari kelelahan, istirahat cukup, konsumsi makanan bergizi dan jaga kebersihan area kewanitaan agar siklus haid lancar.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil