24 Sep 2020, 13:14Kandungan

Telat haid tapi belum berani testpack

R
Info Penanya: R, Wanita, 28 Tahun
Siang dok saya mau bertanya dluan saya haid di tgl15 Agustus lalu saya blm haid lgi di bulan september ini kmrin saya cek tespeck pas telat 6 hari hasilnya masih negatif kmudian saya tunggu hingga sudah 10 hari ini dok tpi sya blm brani untuk tespeck LG tpi sya slalu ngalamin pusing di MLM hari dan selalu ngalamin mual yg kadang timbul kadang tidak itu bisa jd kmungkinan sya bsa posisitif hamil atau gejala krn blmhaid az dok.dari bulan"yg lalu saya memang slalu telat haid 3 hari sja pling lama
597 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang R,Terlambat menstruasi adalah salah satu gejala yang sering dikaitkan dengan kehamilan. Sebenarnya, terlambat haid bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari masalah hormonal sampai masalah organ reproduksi, jadi tidak selalu karena hamil. 

Penyebab telat haid

Beberapa faktor penyebab terlambat menstruasi diantaranya adalah:
  • Gangguan hormon
  • Gangguan organ reproduksi seperti kista, mioma uteri atau tumor jinak di rahim, sindrom polikistik ovari atau PCOS
  • Aktivitas fisik berat atau kelelahan
  • Mengalami beban pikiran atau stres 
  • Masalah kesehatan lain seperti adanya penyakit kronis, penyakit tiroid
  • Masalah berat badan yang turun drastis
Kalau timbul pusing dan mual bisa juga disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari seperti pola makan, pola tidur, kebiasaan penggunaan ponsel, bisa juga karena tekanan darah rendah, maag, anemia dan lainnya.Untuk itu bisa coba perbaiki kesehariannya ya. Bisa perbaiki jam tidur dan tidur 7-8 jam setiap harinya, jaga pola makan, istirahat yang cukup, olahraga rutin, dan juga kelola stres dengan baik.Apabila sampai bulan berikutnya belum juga haid, bisa coba lakukan test pack, jika hasil negatif berarti disebabkan oleh hal lain selain kehamilan. Perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan jika siklus haid sering kali tidak normal. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil