19 Sep 2020, 00:43Kandungan

Telat haid setelah melakukan hubungan seksual, apakah hamil?

N
Info Penanya: N0
Saya sudah telat haid 15 hari dok, kemudian saat saya cek kalender menstruasi.. Ternyata saya memasuki masa ovulasi, apakah itu wajar dok? Sehari sebelum masa ovulasi itu saya berhubungan dan sperma keluar diluar tp mendekati vagina yg basah. Apakah itu bisa menyebabkan kehamilan?
2006 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, NTerima kasih atas pertanyaan AndaKehamilan terjadi ketika adanya 1 sel sperma yang berhasil membuahi sel telur wanita. Oleh sebab itu, dilakukannya ejakulasi pria  di dalam vagina wanita mempermudah adanya proses pembuahan tersebut terlebih ketika wanita sedang dalam masa suburTerlambatnya siklus haid setelah melakukan hubungan seksual bisa disebabkan karena adanya kehamilan. Normalnya, siklus haid pada wanita berkisar 21 hari sampai dengan 35 hari yang dihitung sejak hari pertama haid terakhir (HPHT) sampai dengan hari pertama haid apda periode berikutnya. Rata-rata wanita bersiklus haid 28 hari. 

Selain karena kehamilan, kondisi yang dapat menyebabkan terlambat haid yaitu:

  • Kondisi fisik, seperti kelelehan, memiliki berat badan tidak ideal
  • Kondisi emosional yang tidak stabil, stres, kecemasan
  • Efek samping penggunaan KB
  • Efek samping obat-obatan tertentu
  • Gangguan hormon
  • Masalah pada organ reproduksi
Terkait dengan pertanyaan Anda, walaupun ejakulasi tidak dilakukan di dalam vagina, namun dikhawatirkan adanya cairan pra ejakulasi yang mengandung sperma sempat keluar di dalam vagina. Cairan pra ejakulasi yang mengandung sperma dapat menyebabkan terjadinya kehamilan. Jika saat ini Anda mengalami terlambat haid, alangkah baiknya lakukan tes kehamilan dengan cara yang benar untuk mengetahui apakah terjadi kehamilan atau tidak.Selain itu, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter sepsialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan USG kehamilan untuk mengetahui penyebab terlambat haid yang Anda keluhkan.Usahakan tetap mengonsumsi makanan yang bergizi, jaga berat badan agar tetap ideal, hindari stres dan kelelahan serta lakukan olahraga ringan secara rutin.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dian
hubungan sekssekshubungan seksualtes kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil