Telat haid tapi pakai pil KB apa bisa hamil?

FN Info Penanya: FN, Wanita, 1 Tahun
Dok terakhir sy haid tgl 6 Agustus 20 tp sy pkai kontrasepsi pil kb dan skg sy telat haid 1 minggu, kemarin tgl 14 sep sy tespek hasilnya garis 2 tp satunya garisnya samar dok, apa sy bnr hamil dok? Kalau bnr hamil brp usia kndungannya dok. Trmksih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi FN,

Tes pack adalah pemeriksaan sederhana untuk mendeteksi adanya kehamilan. Alat ini akan menunjukkan 2 garis yang warnanya sama bila hormon kehamilan sudah banyak, sehingga itulah perlunya melakukan tes bila sudah 1 minggu terlambat haid, karena bila tes pack dilakukan terlalu cepat maka akan menunjukkan hasil negatif dalam artian memang tidak hamil, atau hamil namun kadar hormon kehamilannya masih sedikit sehingga belum terdeteksi di tes packnya.

Tanggal 6 Agustus itu apakah hari pertama Anda mulai haid atau hari selesai haid? Karena semua perhitungan menggunakan hari pertama mulai haid. Bila tanggal 6 Agustus adalah hari pertama haid Anda, maka bila Anda melakukan tes pack di tanggal 14 September maka harusnya hasilnya sudah cukup akurat, namun kenapa garisnya masih samar maka bisa saja karena hormon kehamilannya belum banyak, sehingga Anda perlu melakukan tes pack ulang jarak 1 minggu dari tes pack yang pertama untuk konfirmasi hasilnya.

Dan mengapa sudah pakai pil KB kok masih bisa hamil? Semua metode kontrasepsi untuk mencegah kehamilan tidak mencegah 100% kehamilan, tetap ada risiko kegagalan dan terjadi kehamilan sebanyak 1-3%, terlebih misal Anda tidak rutin minum pil KB nya, atau tidak minum di jam yang sama sehingga kinerja hormonnya tidak maksimal.

Bila dianggap saat ini Anda sedang hamil, maka kemungkinan usia kehamilan Anda adalah 5-6 minggu. Dan sebaiknya melakukan USG kalau kandungan sudah berusia 8 minggu agar janinnya sudah terlihat.

Yang perlu Anda lakukan saat ini adalah meminum asam folat dan omega 3, banyak istirahat, makan-makanan yang bergizi, dan tes pack ulang di tanggal 21 September. Bila hasil tes pack selanjutnya masih samar, maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk USG.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat buah naga ibu hamil sangat beragam

Benarkah Ada Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil? Ini Penjelasannya

Manfaat buah naga untuk ibu hamil cukup banyak, mulai dari memelihara sistem imun hingga menurunkan risiko preeklampsia. Simak manfaat selengkapnya di sini!