Telat haid disertai flek coklat, apakah normal untuk remaja ?

SP Info Penanya: SP, Wanita, 1 Tahun
Assalamualaikum dok,teman saya belum menikah,bulan kemarin dia haid tanggal 8,namun bulan ini sampai tanggal 8 belum juga haid,padahal sudah kelewat 5 hari,lalu katanya mengeluarkan flek coklat selama 3 hari kadang pagi,kadang juga siang,flek tersebut ada sedikit gumpalan,apakah itu hal normal pada remaja dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, Waalaikumusalam SP.

Telat haid merupakan keluhan yang dapat terjadi pada setiap wanita di dunia. Sebagian besar wanita mungkin sudah pernah mengalaminya, namun dipicu oleh berbagai faktor yang berbeda. Umumnya faktor-faktor tersebut berhubungan dengan gangguan pada hormon pengatur sikus haid. Ada pula kondisi medis dan penyakit tertentu yang juga dapat memicu terjadinya keterlambatan haid.

Beberapa faktor dan kondisi medis tersebut, antara lainnya ialah :

  • berat badankegemukan ataupun terlalu kurus
  • pola makan tidak sehat
  • kelelahan
  • terlalu banyak berolahraga seperti atlet atau sangat kurang berolah raga 
  • keadaan psikologis yang sedang tidak stabil seperti stres dan lain-lainnya
  • penggunaan obat tertentu 
  • penyakit tertentu seperti fibroid rahim, sindroma polikistik ovariuam, ganguan kelenjar tiroid dan lain-lainnya

Mengenai telat haid yang disertai dengan flek kecoklatan bisa jadi merupakan gangguan hormonal yang dipicu oleh salah satu faktor diatas. Umumnya pada remaja keadaan hormon pengatur siklus haid dalam tubuh masih bersifat fluktuatif sehingga keterlambatan haid yang dialami sesekali umumnya tidak berbahaya. Namun bila sering kali terjadi dan berkepanjangan, tentunya perlu diperiksakan lebih lanjut pada dokter Kandungan, karena dikhawatirkan berupa gangguan pada alat reproduksi.

Sementara ini, Anda dapat menyarankan teman Anda untuk berolah raga ringan minimal 3 kali dalam seminggu, konsumsi air rebusan jahe dan kunyit serta bubuk kayu manis.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vagina sakit saat hamil biasanya terjadi karena rahim yang semakin membesar dan menekan vagina

Bumil, Ini Penyebab Vagina Sakit Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Salah satu keluhan yang kerap dirasakan ibu hamil, yaitu sakit vagina. Vagina sakit saat hamil dapat terjadi pada trimester berapa pun. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari pertumbuhan janin hingga terjadinya infeksi.