Telat haid hampir satu bulan tetapi test pack negatif, apa penyebabnya ?

IY Info Penanya: IY, Wanita, 26 Tahun
Pagi, dok..saya sudah telat haid hampir 1 bulan dan memang sedang program hamil tp pas sy tes hasilnya negative. Apa yg sebenarnya terjadi sm sy dok? Biasanya sy memang haid setiap 40 hari tp kali ini agak jauh lebih telat. Mohon pencerahannya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, IY.

Telat haid kerap kali diidentikan dengan kehamilan, terutama bagi wanita yang telah aktif secara seksual atau sudah menikah dan sedang dalam program kehamilan. Namun demikian, ternyata keterlambatan haid dapat dipicu oleh berbagai faktor lainnya yang berhubungan dengan hormon pengatur siklus haid maupun kondisi medis tertentu.

Beberapa diantaranya ialah :

  • status gizi yang tidak normal, baik berlebih atau kekurangan
  • pola makan tidak sehat
  • kelelahan
  • keadaan psikologis yang labil seperti stres, gangguan kecemasan dan lain-lainnya
  • kurang berolah raga atau terlalu banyak berolahraga seperti atlet 
  • konsumsi dan penggunaan obat tertentu 
  • penyakit tertentu seperti fibroid rahim, ganguan kelenjar tiroid dan lain-lainnya

Mengenai keterlambatan haid Anda, jika memang sudah dilakukan test pack secara berkala yang berselang waktu satu minggu setelah adanya keterlambatan minimal 10 hari, maka mungkin bukan dipicu oleh kehamilan. Melainkan oleh salah satu faktor atau kondisi medis diatas. Namun demikian diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya.

Untuk sementara cobalah untuk melakukan olah raga ringan minimal 3 kali dalam seminggu. Jika dalam rentang waktu satu bulan kedepan haid masih tidak kunjung datang serta hasil test pack tetap negatif, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter Kandungan karena dikhawatirkan penyebab keadaan tidak haidnya berupa penyakit pada organ reproduksi.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi buah dan sayur dapat untuk mencegah anemia saat hamil 8 minggu

Hamil 8 Minggu, Bagaimana Perkembangan dan Perubahan yang Terjadi?

Saat memasuki hamil 8 minggu, janin mengalami pembentukan bagian tubuh dan perkembangan fungsi organ terutama pada detak jantung dan alat kelamin. Ibu juga mengalami berbagai perubahan tubuh, dan merasakan gejala kehamilan.