14 Sep 2020, 07:32Kulit & Kelamin

Apakah penyakit gatal hingga luka bernanah menyebabkan telatnya haid ?

AN*
Info Penanya: AN*, Pria, 24 Tahun
Hau dok.. mau nanya nih apakah penyakit gatal gatal sampe luka bernanah dan bintik2 merah di kulit menyebabkan telat nya haid dok? Soalnya cewek saya begini dok, terakhir haid tgl 2agustus sampe 7agustus kemudian sakit kena penyakit tersebut dan menyebabkan pusing pusing gak enak badan dok, dan sampe sekarang 14 september belum juga haid dok karena masih sakit begitu....???
2206 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, A.Gatal yang disertai luka bernanah dapat terjadi karena infeksi kulit. Kondisi tersebut dapat berupa infeksi primer atau yang pertama kali oleh bakteri, atau dapat pula didahului oleh infeksi sebelumnya yang bisa berupa virus atau organisme lainnya dan terinfeksi secara sekunder oleh bakteri. Infeksi oleh bakteri atau virus yang luas pada bagian kulit dapat menimbulkan gejala sistemik atau yang melibatkan berbagai organ tubuh lainnya seperti demam, pusing, dan lain-lainnya.

Adapun beberapa jenis penyakit infeksi kulit yang dapat memberikan gejala gatal dan bernanah yakni :

  • impetigo 
  • pioderma
  • cacar atau herpes yang disertai infeksi sekunder
  • selulitis
  • kudis
Mengenai pertanyaan Anda tentang apakah penyakit kulit dapat menyebabkan gangguan pada menstruasi, jawabannya bergantung pada letak penyakit kulit tersebut. Jika penyakit kulit yang dialami terletak di area genital atau kelamin maka bisa saja mempengaruhi siklus haid. Pasalnya penyakit kulit yang berada di area genital bisa berupa penyakit menular seksual. Namun apabila penyakit kulit yang dialami berada di bagian tubuh lainnya dan terletak jauh dari area genital umumnya tidak secara langsung akan mempengaruhi siklus haid atau menyebabkan gangguan menstruasi.Perihal keadaan belum haid pada pasangan Anda, mungkin disebabkan oleh berbagai faktor dan kondisi medis lainnya seperti kelelahan, pola makan tidak sehat, berat badan tidak normal dan lain-lainnya seperti yang tertera pada artikel berikutUntuk selanjutnya, keluhan kulit yang dialami ada baiknya diobati pada dokter Kulit sedangkan untuk keluhan telat haid jika dalam dua bulan tidak kunjung datang cobalah test pack atau memeriksakan diri secara langsung pada dokter Kandungan.Salam sehat, dr. Rahmita Dewi 
siklus haidpenyakit kulitinfeksi kulitgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil