Riwayat perdarahan, mungkinkah hamil lagi tanpa berhubungan intim ?

DP Info Penanya: DP, Wanita, 29 Tahun
Dok mau tanya setelah pendarahan saya test pack negatif, dan beberapa minggu kemudian mengalami haid, tapi setelah itu saya tidak haid lagi selama hampir 2 bulan. Pertanyaanya mungkinkah saya hamil lagi tanpa berhubungan intim?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, DP.

Kehamilan terjadi karena adanya pertemuan antara produk yang dihasilkan oleh alat reproduksi pria yakni sperma dan produk yang dihasilkan dari alat reproduksi wanita yaitu sel telur. Pertemuan sperma dan sel telur tersebutlah yang kemudian akan membentuk bakal janin pada alat reproduksi wanita dan menempel pada dinding rahim (melakukan implantasi) sampai akhirnya bertumbuh menjadi janin. Jika proses sampai dengan implantasi tersebut mengalami gangguan maka umumnya kehamilan tidak terjadi, baik sel telur maupun yang telah manjadi bakal janin, dapat kembali luruh dalam bentuk darah.

Mengenai pertanyaan Anda tentang kemungkinan kehamilan terjadi lagi setelah sempat mengalami perdarahan sampai test pack negatif, jika tanpa adanya hubungan seksual lagi setelahnya, maka jawababannya tidak. Jika benar sudah mengalami perdarahan atau yang disebut dengan proses keguguran maka untuk membentuk bakal janin kembali dibutuhkan proses pertemuan antara sel telur dan sperma lagi seperti yang telah dipaparkan diatas. Dan umumnya membutuhkan waktu untuk wanita kembali mengalami masa ovulasi atau menghasilkan sel telur yang dapat dibuahi.

Perihal keadaan tidak haid pada Anda, dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang dipicu oleh berbagai faktor dan kondisi medis tertentu. Karena sudah berjalan hingga dua bulan, untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat, ada baiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wajah kusam saat hamil dikenal dengan chloasma atau melasma

Wajah Kusam Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Wajah kusam saat hamil dikenal dengan chloasma atau melasma. Meski dapat mengganggu penampilan, kondisi ini sebenarnya tidak membahayakan. Lantas, apa penyebab dan bagaimana cara mencegah kulit wajah kusam saat hamil?