09 Sep 2020, 13:14Kandungan

Telat haid tapi negatif apa penyakit?

AI
Info Penanya: AI, Pria, 1 Tahun
siang dok mau nanya dok. kan terakhir saya haid tgl 3 juli pada tgl 16 agustus saya mengalami flek coklat selama 1 minggu saat saya test peck hasilnya negatif atau hanya 1 garis merah saja.apakah ini normal atau justru ada kelainan penyakit ya dok ?
1975 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi AI,Siklus haid wanita idealnya berlangsung setiap 21-35 hari sekali, namun siklus ini bisa maju atau mundur beberapa hari tergantung keseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh. Adanya faktor stres, kelelahan, perubahan berat badan, PCOS juga turun berperan terhadap siklus haid.Apakah sebelumnya Anda ada riwayat berhubungan seksual? Dan pada tanggal berapa Anda berhubungan seksual serta melakukan tes pack? Karena seringkali hasil tes pack seolah-olah negatif padahal pemeriksaan dilakukan terlalu dini. Idealnya tes pack dilakukan kalau sudah 1 minggu terlambat haid, dan pastikan gunakan urin pagi untuk mendeteksinya.Bila prosedur tes pack yang Anda lakukan sudah benar dan hasilnya hanya 1 garis alias negatif, maka terlambat haid bukan karena kehamilan, namun karena hal-hal lainnya termasuk kelelahan, banyaknya beban pikiran, kurangnya nutrisi, berat badan tidak ideal, dll.

Yang perlu Anda lakukan agar haid Anda kembali lancar adalah:

  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Lakukan olahraga secara rutin.
  • Minum air putih yang banyak minimal 2 liter/ hari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.
  • Biasakan cukup tidur dan jangan bergadang.
Bila dalam 3 bulan Anda tetap tidak haid, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan agar bisa dilakukan USG.Salam sehat,dr. Vina
siklus haidgangguan menstruasipcos
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil