Telat haid setelah suntik KB

SR Info Penanya: SR, Wanita, 1 Tahun
Siang dok saya mau tanya saya baru kali ini suntik KB 3 bulan bulan Juni,Juli, Agustus bulan Juni saya haid akhir bulan dan bulan Juli tgl 4 bulan Agustus tgl 1 saya suntik ulang tanggal 26 tapi saya tidak KB lagi dan bulan ini bulan September saya belum dapat haid
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SR,

Terlambat haid bisa jadi merupakan efek samping dari KB suntik. Pada penggunaan KB suntik sendiri bisa terjadi beberapa efek samping seperti perubahan siklus menstruasi sampai tidak menstruasi sama sekali, perdarahan diluar siklus menstruasi, sakit kepala, payudara terasa tidak nyaman, masalah kepadatan tulang dan lainnya.

Jika terlambat haid sekitar 1 minggu, tidak perlu terlalu cemas. Coba perbaiki kesehariannya atau bisa membantu melancarkan menstruasi dengan beberapa upaya berikut:

  • Lakukan relaksasi agar mengurangi stres fisik dan pikiran
  • Olahraga rutin salah satunya bisa melakukan yoga
  • Jaga berat badan ideal
  • Konsumsi minuman dari bahan alami seperti cuka apel, kayu manis, kunyit ataupun nanas dan jahe
  • Kelola stres dengan baik

Jika siklus menstruasi menjadi terganggu dan sampai terlambat hingga lebih dari 90 hari, maka perlu diperiksakan pada dokter ataupun dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Nantinya bisa juga dikonsultasikan untuk mengganti metode kontrasepsi jika merasa tidak nyaman dengan efek samping yang terjadi. Apabila masih ingin menunda dalam jangka waktu yang cukup panjang bisa mengganti metode kontrasepsi seperti dengan KB implan ataupun KB IUD. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda kehamilan yang mirip dengan PMS biasanya adalah susah tidur

Mirip Tanda-Tanda PMS, Ini Tanda-Tanda Kehamilan yang Membedakan

Tanda-tanda kehamilan mirip dengan ciri-ciri PMS. Perubahan mood, nyeri payudara, dan kram perut juga dirasakan. Perbedaannya tidak ada flek atau spotting.