Telat haid disertai berbagai gejala, apakah hamil ?

IM Info Penanya: IM, Wanita, 1 Tahun
Dok. Sya mau tnya. Bulan juni sya haid tnggl 3, juli tanggal 2 dan agustus tnggal 3. Slsai haid tnggal 10 dan 31 agustus sya brhbngan bdan sya suami tdk pke pelindung. Tanggal 1 saya rasa kram di perut, pinggul kanan sakit, pusing, kram nggak lama skrang rasanya perut ketarik atau kembung. Kyak tegang. Dan skrng saya blum haid juga. Apakah saya hamil atau tunggu 1 minggu baru di cek. Saya sering rasa mual ringan tapi nggak muntah dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, IM.

Telat haid merupakan keluhan yang umum diidentikan dengan kehamilan. Hal tersebut benar adanya, namun tidaklah mutlak. Pasalnya masih ada berbagai faktor dan kondisi medis lainnya yang juga dapat menyebabkan keterlambatan haid. Di samping itu, selain telat haid sendiri, masih terdapat berbagai gejala tanda kehamilan yang dapat menyertai.

Beberapa diantaranya ialah :

  • morning sickness (mual muntah yang umumnya terjadi di pagi hari)
  • adanya perubahan pada payudara yang menjadi lebih sensitif
  • munculnya keluhan kram perut dan timbulnya flek
  • adanya keputihan
  • penciuman yang lebih tajam
  • perubahan mood atau suasana hari

Mengenai pertanyaan Anda tentang waktu yang tepat untuk melakukan test pack, agar lebih akurat, apabila sudah ada keterlambatan minimal 10 hari maka sudah boleh dilakukan. Dan jika satu minggu kedepan haid masih tidak kunjung datang maka dapat diulang agar semakin akurat. Hal tersebut berhubungan dengan perkembangan hormon kehamilan yang jika benar terlah terjadi kehamilan, akan membutuhkan waktu untuk mencapai kadar yang signifikan sehingga dapat terdeteksi oleh alat test pack.

Namun jika haid tidak kunjung datang dalam 3 bulan atau tiga siklus menstruasi secara berturut-turut dan hasil test pack tetap negatif, ada baiknya untuk memeriksakan diri secara langsung pada dokter Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil dan jenis makanan lainnya dapat menjadi salah satu cara menurunkan darah tinggi saat hamil

Sayuran Penurun Darah Tinggi untuk Ibu Hamil dan 7 Jenis Makanan Lainnya

Sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil dan jenis makanan lainnya dapat menjadi salah satu cara menurunkan darah tinggi saat hamil. Lantas, apa saja makanan penurun darah tinggi untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi?