Telat haid 1 bulan, apakah disebabkan banyak pikiran ?

IP Info Penanya: IP, Wanita, 15 Tahun
hallo dok umur sya 15thn sya trakhr haid tnggal 24 Juli bulan Agustus syaa tidak haid tapi saya sering banget banyak pkiran apa penyebab nya ini ya dok yg bikin saya trlambat haid?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, IP.

Telat haid merupakan keadaan yang umum terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormon pengatur siklus haid. Berbagai faktor dan kondisi medis dapat menjadi pemicu keadaan tersebut,

Berikut beberapa faktor dan kondisi medis tersebut, antara lain ialah  :

  • status gizi yang tidak normal, kelebihan atau kekurangan
  • pola makan tidak sehat dan ganguan pola makan tertentu seperti anorexia dan bulimia
  • kelelahan
  • terlalu banyak berolahraga seperti atlet atau sangat kurang berolah raga 
  • keadaan psikologis yang sedang tidak stabil seperti stres, gangguan kecemasan dan lain-lainnya
  • konsumsi dan penggunaan obat tertentu 
  • kondisi medis dan penyakit tertentu seperti sindroma polikistik ovarium, gangguan pada kelenjar tiroid dan lain-lainnya

Mengenai keadaan telat haid pada Anda yang telah mencapai waktu satu bulan lamanya dapat terjadi karena salah satu faktor atau kondisi medis diatas. Sedangkan perihal pertanyaan Anda tentang hubungan dari banyaknya pikiran dengan keterlambatan haid dapat benar berhubungan. Seperti pada uraian di atas, keadaan psikologis yang sedang tidak stabil dapat memicu gangguan haid.

Apabila permasalahan yang dialami berasal dari gangguan pada stabilitas psikologis Anda saat ini, cobalah untuk mencari solusi dari permasalahan yang sedang dialami. Jika sulit, Anda dapat meminta bantuan keluarga yang lebih dewasa seperti kakak atau orang tua untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda alami.

Jika haid tidak kunjung datang dalam satu bulan mendatang, ada baiknya untuk meminta tolong orang tua agar mengantar Anda melakukan pemeriksaan pada dokter Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kelelahan kerja atau burnout dapat terjadi karena terlalu banyak beban kerja dan tekanan

Ketahui Tanda-Tanda Anda Mengalami Kelelahan Kerja dan Cara Mengatasinya

Kelelahan kerja bisa terjadi pada siapa saja, di mana seseorang mengalami stres kronis karena pekerjaan. Kondisi ini juga memiliki berbagai tanda, seperti menurunnya produktivitas hingga gangguan tidur.