Puting sakit apa tanda hamil?

YM Info Penanya: YM, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau tanya saya udah tlat haid 3 hari dan payudara trasa mengencang dan puting ny aga sakit apakah ini tanda kehamilan dok?? mohon info ny?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi YM,

Payudara yang terasa kencang dan nyeri saat disentuh, perut terasa kembung, atau adanya perubahan emosional seringkali dirasakan oleh wanita saat menjelang haid, atau di awal kehamilan. Sehingga bila Anda mengalami terlambat haid dan merasakan keluhan-keluhan di atas, maka Anda perlu melakukan tes pack. Namun pastikan lakukan tes pack kalau sudah 1 minggu terlambat haid, karena pemeriksaan yang terlalu cepat seringkali hasilnya negatif, karena hormon kehamilan masih sedikit sehingga belum terdeteksi.

Selama menunggu waktu yang tepat untuk tes pack, maka yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Minum asam folat dan omega 3 bila Anda sedang program hamil.
  • Banyak makan sayur dan buah, terutama kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah, taoge, dll.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Banyak beristirahat dan jangan bergadang.
  • Hindari stres.

Bila hasilnya positif, maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk mengetahui usia kehamilan Anda. Namun bila hasilnya negatif, maka Anda juga tidak perlu cemas berlebihan, karena terlambat haid bisa akibat faktor kurang tidur, kelelahan, banyak pikiran atau sedang stres, berat badan tidak ideal, adanya PCOS, dll. Jalankan pola hidup sehat agar tubuh lebih bugar.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Secara medis, potong rambut saat hami adalah hal yang sah dilakukan. Kenapa banyak orang yang menganggapnya tabu?

Mitos Potong Rambut Saat Hamil, Sebenarnya Boleh atau Tidak?

Banyak sesepuh atau orangtua yang percaya bahwa potong rambut saat hamil adalah hal tabu dan tak boleh dilakukan. Sebenarnya, pemahaman ini mitos atau fakta? Agar Anda lebih yakin, mari pahami penjelasan medisnya, di sini!