Telat haid penyebabnya apa?

EN Info Penanya: EN
Malam dok..Sy haid waktu bln 7 bln agustus sy tdk haid. Sy tespck hasilnya negatif. Itu penyebabnya apa dok. Makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi EN,

Siklus haid wanita rata-rata berlangsung setiap 28 hari sekali, namun bila rentangnya dalam 21-35 hari sekali juga masih dianggap normal. Dan siklus ini bisa berubah sewaktu-waktu menjadi lebih cepat atau justru terlambat haid, dan setiap wanita pasti pernah mengalaminya karena siklus haid banyak faktor yang mempengaruhinya.

Sudahkah Anda melakukan tes pack setelah 1 minggu terlambat haid? Karena seringkali seseorang melakukan tes pack selang 1-2 hari setelah terlambat haid, dan tentu saja hasilnya seringkali kurang akurat dan menunjukkan hasil negatif. Hal ini terjadi karena misal terjadi kehamilan namun hormon kehamilan belum terlalu banyak, maka belum terdeteksi pada tes pack, sehingga akan menunjukkan hasil seolah-olah negatif karena pemeriksaan tes pack dilakukan terlalu cepat.  Paling cepat sebaiknya tes pack dilakukan bila sudah 7-10 hari terlambat haid agar hasilnya lebih akurat.

Bila hasilnya memang negatif, maka Anda terlambat haid bisa karena faktor:

  • Kelelahan atau seringnya bergadang.
  • Perubahan berat badan, baik kegemukan atau kekurusan.
  • Faktor banyak pikiran.
  • Adanya penyakit PCOS yakni di dalam tubuh kelebihan hormon androgen sehingga seringkali siklus haid tidak teratur dan berat badan berlebihan.

Untuk melancarakan haid, Anda perlu mengatur pola hidup Anda, banyak makan sayur dan buah, rutin berolahraga, dan jangan bergadang serta hindari stres. Bila dalam 3 bulan tetap tidak haid dan tidak hamil, maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan penyebabnya.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum pil KB dan menjaga berat badan dapat membantu mempercepat menstruasi

7 Cara Agar Cepat Menstruasi yang Aman Dilakukan

Tidak dapat diprediksi kapan akan datang, cara aman untuk mempercepat menstruasi adalah dengan minum pil KB atau vitamin c, berolahraga, atau kompres air hangat.