Telat haid tapi ejakulasi di luar apa bisa hamil?

DE Info Penanya: DE
Selamat siang dok,saya mau tanya,tiga bulan terakhir haid saya tidak pernah teratur,bulan juni kemarin datangnya tanggal 15 namun d bulan juli datang tanggal 25 dan sampai sekarang 2 september belum juga datang,tapi tanggal 23 agustus kemaren saya sempat keluar bercak warna coklat,dan itu cuma berlangsung 2 hari,padahal saya setiap berhubungan tidak pernah keluarkan di dalam,apa penyebabnya ya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DE,

Siklus haid wanita memang seringkali mengalami perubahan baik maju beberapa hari atau justru mundur dan dianggap sebagain tanda-tanda kehamilan. Idealnya siklus haid wanita berlangsung setiap 21-35 hari sekali, dan siklus ini bisa mengalami perubahan akibat stres, perubahan berat badan, kondisi kelelahan, PCOS, atau adanya kehamilan.

Perlu diingat bahwa kondisi hamil tidak selalu menimbulkan gejala mual, muntah, nyeri pinggang, lemas, dll. Sehingga bila Anda mengalami terlambat haid dan ada riwayat berhubungan seksual, maka sebaiknya lakukan tes pack untuk memastikan sedang hamil atau tidak. Karena meski ejakulasi dilakukan di luar vagina, cairan pra ejakulasi sudah mengandung sperma, sehingga bisa menimbulkan kehamilan.

Pastikan Anda melakukan tes pack saat sudah 1 minggu terlambat haid, karena tes pack yang terlalu awal seringkali menimbulkan hasil negatif karena hormon kehamilan belum banyak di urin jadi seolah-olah negatif. Bila Anda ragu dengan hasil tes packnya, maka lakukan tes pack ulang dengan jarak 1 minggu dari tes pack yang pertama atau sekitar 2 minggu terlambat haid.

Bila hasilnya tetap negatif, maka jalankan pola hidup sehat sepert makan banyak sayur dan buah, minum air putih yang banyak, tidak bergadang, rutin olahraga, dan jangan stres agar siklus haid Anda kembali lancar. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila dalam 3 bulan tetap tidak haid.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keracunan kehamilan dapat ditandai dengan nyeri perut bagian atas dan sakit kepala hebat

Tanda-tanda Keracunan Kehamilan yang Wajib Bumil Ketahui

Keracunan kehamilan dapat terjadi pada sebagian ibu hamil. Kondisi ini biasanya terjadi setelah memasuki usia kehamilan 20 minggu. Pada kasus yang parah, keracunan dapat menyebabkan kematian.