Mengapa telat haid dan disertai pusing, tetapi test pack negatif ?

MK Info Penanya: MK, Wanita, 21 Tahun
Selamat pagi Dok..Jadi gini dok, jarak siklus haid saya biasanya 34 / 35 hari dok, tapi yg satu bulan lalu (juli) jarak siklus haid saya brubah mnjadi 30 hari dok, akhirnya hari 31 saya awal haid dok.. Lalu untuk bulan Agustus ini, dihari siklus haid saya yg ke 30 sampai ke 35, saya belum kunjung haid juga dok.. sampai tanggal 2 September ini saya belum haid juga, dan waktu saya tespek malah hasilnya negatif dok, padahal saya akhir akhir ini kadang² suka pusing dok itu kenapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MK.

Telah haid seringkali diidentikan dengan kehamilan, namun ternyata masih banyak faktor dan kondisi medis lainnya yang dapat menyebabkan gangguan haid. Umumnya faktor dan kondisi medis tersebut berhubungan dengan keadaan hormon pengatur siklus haid.

Adapun faktor-faktor dan kondisi medis yang dapat memicu gangguan haid selain kehamilan, diantaranya :

  • berat badan berlebih hingga obesitas atau justru sangat kurang
  • kelelahan
  • terlalu banyak berolahraga seperti atlet atau sangat kurang berolah raga 
  • pola makan yang tidak sehat dan ganggguan pola makan seperti bulimia 
  • stres serta kondisi emosional yang sedag labil lainnya
  • penggunaan dan konsumsi obat tertentu 
  • penyakit tertentu seperti sindroma polikistik ovarium, penyakit pada kelenjar tiroid dan penyakit lainnya

Mengenai keterlambatan haid disertai gejala pusing yang Anda alami, jika bukan disebabkan oleh kehamilan maka mungkin terjadi karena sindrom pramenstrual. Namun demikian, ada baiknya untuk mengulang terlebih dahulu pemeriksaan test pack setalh ada keterlambatan haid melebihi sepuluh hari, atau melakukan pengulangan seminggu setelah pemeriksaan test pack yang pertama, agar lebih akurat.

Untuk sementara hindari konsumsi makanan tidak sehat (makanan cepat saji dan tinggi pengawet, berolah raga minimal 3 kali dalam seminggu serta berjemur 10-15 menit sebelum jam 9 pagi. Jika haid tidak kunjung datang dalam satu siklus kedepan tetapi hasil test pack tetap negatif, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter Kandungan.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram

Ini Penyebab Sakit Perut Saat Haid dan Cara Mengatasinya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Mengenali penyebab nyeri tersebut dapat membantu Anda untuk menemukan cara mengatasinya.