Telat haid apa karena hamil?

YY Info Penanya: YY, Wanita, 1 Tahun
Selamat malam dok ....Saya ingin bertanya , haid terakhir saya 23 juli dan bulan Agustus saya tidak haid ...terus hari ini baru haid ,haidnya pun tidak banyak seperti biasanya ,sebelumnya saya tidak pernah telat haid ...apa ini bisa dikatakan hamil dok ? Karena sudah satu bulan kosong , Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi YY,

Salah satu tanda awal terjadinya kehamilan adalah terlambat haid, namun tidak selamanya terlambat haid akibat kehamilan, bisa akibat faktor stres, kelelahan, perubahan berat badan, PCOS, dll.

Namun di awal kehamilan bisa saja muncul flek atau bercak darah akibat proses penempelan janin ke rahim. Biasanya bercak darah ini akan muncul saat hari ke 6 sampai 12 setelah berhubungan seksual. Dan bercak darah ini hanya sedikit, dan berlangsung beberapa jam hingga maksimal 3 hari saja serta tidak ada keluhan kram perut samasekali.

Untuk kepastian hamil tidaknya tentu berdasarkan hasil tes pack dan USG, tidak bisa berdasarkan keluhan sebelumnya terlambat haid dan sekarang keluar darah tapi sedikit. Tes pack bisa dilakukan bila sudah 1 minggu terlambat haid menggunakan urin pagi yang pertama kali keluar saat bangun tidur.

Namun perlu diketahui bahwa kehamilan tidak selamanya disertai dengan keluhan mual, muntah, lemas, nyeri pinggang atau tanda-tanda hamil lainnya. Sehingga diperlukan tes pack untuk deteksi awal.

Bila hasilnya negatif, maka darah yang keluar adalah darah haid biasa, cuma siklusnya saja yang mundur. Dan wajar saja terjadi. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila Anda tidak yakin dengan hasil tes packnya. Dan jangan lupa jalankan pola hidup sehat dengan banyak makan sayur, rutin olahraga dan jangan bergadang.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Amenorrhea adalah penyebab wanita tidak haid

Waspadai Amenorrhea, Salah Satu Kondisi Penyebab Tidak Haid

Amenorrhea merupakan salah satu kondisi penyebab wanita tidak haid. Kondisi ini ditandai dengan tak munculnya menstruasi meski sudah memasuki usia pubertas.