Telat haid apa karena obat penggemuk?

RD Info Penanya: RD, Wanita, 21 Tahun
Dok mau tanya, saya iniS sudah telat 11 hari dari siklus mentruasi seharusnya. Awalnya saya mengonsumsi obat penggemuk badan selama 2 mingguan. Lalu saya mengeluarkan lendir coklat. Dan Minggu ke3 saya mulai mengurangi konsumsi obat itu, dan akhirnya mengeluarkan flek coklat kehitaman selama beberapa hari. Dan besoknya bersih Tidak mengeluarkan apa2. Kenapa ya dok kok seperti itu? Tolong dijawab yah. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RD,

Siklus haid seorang wanita bisa sewaktu-waktu berubah tergantung seimbangan hormon yang ada di dalam tubuh. Beberapa hal sederhana yang tampaknya sepele seperti stres, kelelahan, perubahan berat badan juga bisa mempengaruhi hormon-hormon dan berakhir dengan siklus haid yang tidak lancar.

Bila sebelumnya Anda menggunakan obat penggemuk yang rata-rata mengandung steroid anabolik dan merangsang napsu makan, maka hal tersebut bisa saja mempengaruhi haid Anda. Yang sebaiknya Anda lakukan adalah hentikan mengonsumsi obat tersebut dan jalankan pola hidup yang sehat bila ingin menambah berat badan agar siklus haid juga tidak terganggu.

Tips menambah berat badan:

  • Banyak makan protein namun bukan berarti makanan berlemak. Protein seperti telur rebus, tim ikan, ayam rebus baik untuk asupan protein sehari-hari.
  • Minum susu secara teratur.
  • Lakukan olahraga angkat beban agar tubuh lebih berisi.
  • Cukup tidur dan jangan bergadang.
  • Hindari stres.

Bila berat badan Anda susah naik, ada keluhan dada sering berdebar, keringat malam, sering batuk hilang timbul, sering demam, maka perlu periksa ke dokter penyakit dalam karena bisa saja berat badan Anda tidak bisa bertambah karena ada penyakit seperti TBC, hipertiroid, dll.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pencegahan TBC dapat dilakukan dengan berbagai cara

Lakukan Langkah-langkah Pencegahan TBC Ini agar Tidak Tertular

TBC adalah penyakit menular karena bakteri dan biasanya menyerang paru-paru. Lakukan langkah pencegahan TBC secara teratur untuk meminimalisir risikonya.