Telat haid pasca melahirkan 5 bulan lalu, apakah hamil ?

EL Info Penanya: EL, Wanita, 1 Tahun
Selamat pagi dok,,Dok saya mau tanya bulan juni terakhir saya haid itu tanggal 29 juni - 5 juli dan dibulan juni itu saya haid 2x ,,awal bulan & akhir bulan,,,dan sampai sekarang saya belum haid lagi dok..Saya habis melahirkan 5bulan lalu,, apa saya bisa dikatakan saya hamil lagi dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, EL.

Telat haid merupakan keadaan siklus haid yang terganggu akibat berbagai faktor penyebab. Umumnya keadaan tersebut berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon pengatur siklus haid, yakni hormon estrogen dan progesteron.

Pada keadaan tertentu seperti masa setelah nifas, siklus haid bisa menjadi tidak teratur akibat adanya aktivitas hormon menyusui yang kemudian menekan hormon pengatur siklus haid. Saat seorang Ibu menyusui, khususnya jika dilakukan secara eksklusif, kadar hormon prolaktin akan meningkat dan disisi lain akan menekan hormon estrogen dan progesteron. Keadaan tersebut menyebabkan masa ovulasi (masa pengeluaran sel telur matang dari indung telur) dapat tidak terjadi. Sedangkan, secara normal sel telur yang dikeluarkan tersebut apabila tidak dibuahi akan luruh menjadi darah menstruasi. Maka dari itulah, haid bisa tidak terjadi, pada Ibu yang menyusui secara eksklusif.

Mengenai keadaan tidak haid pada Anda, masih mungkin disebbakan oleh berbagai faktor. Jika Anda mengASIhi secara ekslusif keadaan yang telah dipaparkan diatas dapat menjadi faktor penyebabnya. Tetapi jika ada kekhawatiran akan kehamilan ada baiknya melakukan test pack untuk memastikannya. Dan ada baiknya untuk menggunakan alat kontrasepsi kedepannya jika Anda hendak menjaraki kehamilan selanjutnya.

Untuk keterangan lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter Spesialis Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Haid tidak berhenti lebih dari 5 hari atau menorrhagia memang menyebabkan rasa tidak nyaman

Hormonal Hingga Gejala Kanker, 9 Alasan Haid Tidak Berhenti

Idealnya, haid berlangsung selama 3 hingga 7 hari. Haid tidak berhenti atau menorrhagia bisa terjadi karena masalah medis dan dapat menyebabkan anemia.