Telat haid disertai flek dan keputihan

DF Info Penanya: DF, Wanita
Permisi dok saya mau tanya, bulan kemarin haid tanggal 13, 1minggu sebelum tanggal haid saya sempat flek dan ada darah tapi tidak sampai celana dalam 3hari, setelah tanggal 13 haid tidak datang, ditanggal 17 saya flek lagi juga tidak sampai di celana dalam tetapi hanya 1 hari, tanggal 18 keputihan seperti lendir dan sampai saat ini keputihan hanya keluar seperti lendir bening kadang sedikit keruh, mis v juga terasa basah seperti saat haid, itu knp ya dok? Sampai skrg blm hais juga.makasi dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DF,

Terlambat haid merupakan keluhan yang seringkali timbul dimana sebenarnya masih normal jika terlambat kurang lebih 7 hari dari siklus biasanya. Terlambat haid sendiri memiliki beragam faktor penyebab, bisa mulai dari masalah hormonal, adanya gangguan saluran reproduksi, ataupun faktor lain seperti kehamilan dan penggunaan kontrasepsi.

Gaya hidup dan kebiasaan harian juga menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan jika mengalami terlambat menstruasi. Perubahan berat badan, diet, pola istirahat, pola tidur, stres dan aktivitas harian bisa berpengaruh juga terhadap siklus menstruasi.

Jika sebelumnya ada riwayat berhubungan seksual dan juga timbul tanda-tanda kehamilan lain seperti ada flek darah, keputihan, rasa tidak nyaman pada payudara, dan gejala mirip gejala PMS lain, sebaiknya bisa coba dilakukan pemeriksaan testpack. 

Adanya flek diluar masa menstruasi juga bisa dipicu masalah pada saluran reproduksi seperti:

  • Polip rahim
  • Masalah hormonal
  • PMS
  • Endometriosis
  • Tumor jinak

Jadi jika tidak ada riwayat berhubungan seksual atau hasil testpack negatif, bisa memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk memastikan apa yang jadi penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh PD
19 Aug 2020, 07:47
https://shrinkme.io/Z7wY
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengapa Hamil Kosong Tapi Tidak Pendarahan Bisa Terjadi?

Pendarahan dapat menjadi tanda dari hamil kehamilan anembrionik atau hamil kosong. Akan tetapi, Anda juga bisa mengalami hamil kosong tapi tidak pendarahan.