Telat haid, kram perut dan sering buang gas

MD Info Penanya: MD, Wanita, 24 Tahun
Dok bulan lalu saya haid tggl 14 .lalu bulan sekarang belum haid . padahal ini sudah lebih 3 hari . tapi perut saya selalu kram.dan selalu buang gas .. Saya sudah tesfek tapi hasil nya negatif .. Jika saya telat haid berapa lama batas waktu normal telat haid ? Tapi jika saya hamil berapa hari waktu yng akurat untuk menunjukan tesfek yang positif .terima kasih .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MD,

Terlambat haid bisa disebabkan oleh beragam hal, dimana tidak selalu disebabkan oleh kehamilan. Untuk itu jika sudah terlambat haid lebih dari 3 hari, tidak selalu didapatkan hasil pemeriksaan testpack yang positif. Beberapa hal yang bisa membuat haid menjadi terlambat menstruasi diantaranya adalah:

  • Perubahan kondisi hormonal
  • Adanya masalah organ reproduksi
  • Mengalami stres baik secara fisik maupun psikologis
  • Mengalami perubahan berat badan yang menurun drastis
  • Memiliki kondisi kesehatan lain seperti misalnya adanya penyakit tiroid

Untuk siklus sendiri dianggap masih normal jika terlambat 7 hari ataupun lebih cepat 7 hari dari siklus biasanya atau normalnya terjadi antara 21-35 hari sekali setiap siklusnya. Jadi perhatikan dulu dalam 14 hari kedepan, jika masih belum juga menstruasi dan ada riwayat berhubungan seksual di siklus sebelumnya maka bisa dilakukan pemeriksaan ulang dengan testpack. Jika hasilnya tetap negatif bisa perbaiki kesehariannya agar bisa membantu melancarkan haidnya.

Untuk perut kram dan sering buang gas, bisa menandakan adanya masalah pada organ pencernaan. Untuk itu bisa coba perbaiki asupan makan dan juga pola makannya. Bisa konsumsi obat maag seperti antasida tablet dan vitamin B6 untuk membantu melegakan dan mengatasi gejala gangguan pencernaan yang terjadi. Bisa juga kompres perut dengan air hangat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawatan merupakan salah satu tanda-tanda haid atau menstruasi.

Bersiaplah, Ini 9 Tanda-tanda Haid akan Segera Tiba

Menstruasi adalah siklus alami kaum hawa setiap bulan. Tanda-tanda haid bisa dilihat dari gejalanya seperti berjerawat, kram perut, mood, dan sebagainya.