05 Aug 2020, 21:44Kandungan

Berhubungan 4 bulan lalu haid, mungkinkah hamilnya sekarang?

G
Info Penanya: G0
dok sy terakhir berhubungan 4 bulan yg lalu 14 maret, dan itu buang diluar. trus saya haid sudah 4 kali yaitu maret april mei juni dan di juli ini saya belum haid (uda telat seminggu) gimana ya dok ?
6383 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, G.Berhubungan intim dapat menyebabkan kehamilan, termasuk apabila dilakukan ejakulasi di luar. Pasalnya, sebelum ejakulasi, penis mengeluarkan cairan semen (cairan pre-ejakulasi) yang juga mengandung sperma, dan dapat membuahi sel telur. Tetapi, apabila Anda mengalami haid setelah melakukannya, maka hubungan tersebut tidak menyebabkan kehamilan.Oleh karena itu, hubungan tanggal 14 Maret yang Anda lakukan tidak akan menyebabkan kehamilan di bulan Agustus, apalagi jika Anda sudah mengalam haid pada bulan-bulan sebelumnya. Kecuali, apabila Anda melakukan hubungan intim setelah haid bulan Juni, maka Anda bisa hamil.

Penyebab Terlambat Haid

Tidak hanya kehamilan yang dapat menyebabkan seseorang terlambat haid. Ada beberapa penyebab lain yang dapat menyebabkan hal tersebut, yaitu:
  • Berat badan yang terlalu kurus atau gemuk
  • Naik atau turunnya berat badan secara drastis, dalam waktu singkat
  • Stres atau tertekan 
  • Kelelahan fisik
  • Pola hidup yang tidak sehat, misalnya makan tidak bergizi atau sering begadang
  • Gangguan tiroid
  • Sindrom ovari polikistik
  • Dan lain-lain
Untuk sementara, Anda dapat menunggu haid Anda datang seraya melakukan pola hidup sehat, yaitu mengonsumsi makanan bergizi, tidur cukup 7-9 jam per hari, rutin olahraga, dan mengelola stres. Pastikan berat badan Anda ideal, tidak kekurangan dan tidak kelebihan. Apabila haid tak kunjung datang selama tiga bulan berturut-turut, disarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik atau penunjang yang dibutuhkan, seperti USG atau laboratorium. Setelah diketahui penyebabnya, dokter akan memberikan terapi yang sesuai, misalnya obat-obatan hormonal. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil