Telat haid dan sebelumnya berhubungan dikeluarkan di luar, apa berpotensi hamil ?

B Info Penanya: B
Dok, saya haid tanggal 30 juni, kemudian tanggal 9 saya berhubungan hanya menggesekan saja dan keluar di atas miss v dekat perut. Apakah berpotensi hamil, jika saya tanggal 2 agustus belum haid.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, B.

Telat haid adalah keadaan yang seringkali diidentikkan dengan kondisi kehamilan. Akan tetapi masih terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan keterlambatan haid.

Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah :

  • berat badan berlebih atau sangat kurang
  • kelelahan
  • tidak berolah raga sama sekali atau terlalu banyak seperti atlet
  • pola makan yang tidak sehat dan gangguan pola makan  
  • stres, kecemasan dan kondisi emosional labih lainnya
  • penggunaan dan konsumsi obat tertentu seperti obat hormonal
  • penyakit tertentu seperti sindroma polikistik ovarium, gangguan pada kelenjar tiroid dan lain-lainnya

Mengenai keadaan telah haid Anda yang disertai dengan riwayat berhubungan (menggesekan alat kelamin) dan ejakulasi atau pengeluaran spermanya di luar, perlu dipastikan tidak ada cairan yang masuk ke lubang vagina. Sebelum ejakulasi ada pula cairan yng dikenal dengan cairan pra-ejakulasi di mana dapat mengandung sperma dan dapat dikeluarkan tanpa disadari sebelum ejakulasi. Untuk itu, potensi kehamilan akan sangat tergantung pada adanya cairan yang masuk atau tidak.

Jika Anda ingin memastikan adanya kemungkinan kehamilan atau tidak Anda dapat melakukan test pack berulang saat ini dan satu minggu kemudian, agar lebih akurat. Jika belum siap menghadapi kehamilan ada baiknya menghindari berhubungan seksual atau menggunakan kondom. Jika haid tidak kunjung datang selama 3 bulan periksakanlah pada dokter Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cryptic pregnancy adalah kehamilan kriptik alias kehamilan samar

Hamil Satu Jam Lalu Melahirkan? Inilah Kondisi Cryptic Pregnancy

Cryptic pregnancy adalah suatu kondisi di mana perempuan tidak menyadari bahwa dirinya tengah mengandung jabang bayi. Ia baru sadar kalau hamil bahkan saat akan melahirkan. Apa penyebab cryptic pregnancy dapat terjadi?