Bercak darah, sakit perut, mual, apakah hamil?

CR Info Penanya: CR, Pria, 24 Tahun
Dok mau tanya bulan mei saya berhubungan intim terus tagal 28 juni sampai tagal 1juli keluar bercak darah agak hitam tpi sedikit , trus ini saya telat haid ,perut sakit ,keram,mual apakah saya hamil dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, CR.

Bercak darah yang muncul pada saat hamil terjadi karena proses implantasi, yaitu melekatnya embrio (pertemuan sperma dengan sel telur) pada dinding rahim. Biasanya perdarahan akan berlangsung selama 2-3 hari, dan hanya berupa bercak (tidak deras sama sekali). Bercak darah ini akan muncul sekitar 6-12 hari setelah berhubungan intim.

Selain bercak darah, tanda-tanda kehamilan lainnya yang bisa dialami adalah:

  • Nyeri pada payudara, perut, atau bagian tubuh lainnya
  • Mual dan muntah, terutama pada pagi hari
  • Menginginkan konsumsi makanan tertentu
  • Emosi yang tidak stabil
  • Perubahan gairah seksual
  • Produksi lendir vagina yang bertambah atau berkurang

Tetapi, seluruh tanda tersebut bersifat subjektif, yang artinya tidak pasti dialami oleh setiap wanita yang hamil. Ada yang mengalami semuanya, ada yang hanya merasakan satu atau dua gejala di atas, bahkan ada juga yang tidak sama sekali.

Hal yang pasti dialami semua wanita hamil adalah tidak mengalami menstruasi sampai persalinan nantinya, yang disertai dengan testpack positif atau ada gambaran kantung kehamilan saat USG.

Oleh karena itu, tanda-tanda yang Anda alami mungkin saja menandakan kehamilan, tapi belum pasti. Silakan pastikan kehamilan Anda dengan membeli testpack dan mengujinya, atau berkonsultasilah ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dilakukan pemeriksaan USG rahim.

Apabila benar hamil, maka jagalah kondisi ibu dan janin dengan baik. Konsumsi selalu makanan bergizi, minum air putih yang cukup, hindari berolahraga terlalu berat, dan kendalikan tingkat stres dengan baik. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gerakan janin terasa sampai miss V masih termasuk kondisi wajar

Gerakan Janin Terasa Sampai Miss V, Wajar Terutama di Trimester Akhir

Deretan keluhan ibu hamil yang dirasakan sejak awal kehamilan bisa bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan. Apalagi saat memasuki trimester ketiga, terkadang gerakan janin terasa sampai miss V.