Terlambat haid pada remaja, apa saja penyebabnya?

DA Info Penanya: DA, Wanita, 1 Tahun
Assalamualaikum Dok saya umur15tahun haid saya bisanya teratur kog. Bulan ini ngk teratur dok saya telat 3hari padahal saya masih remaja kog gitu yah dok saya takutnya hamil beberapa aku tes pake tespek hasilnya negatif juga tapi kog ngk haid" saya sering kram di perut perut rasanya sakit pinggang juga sakit keluar darah putih di kemaluan tapi kog ngak haid"yah q takut apakah saya ini. Kena penyakit dok tolong jawab dong?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DA.

Haid adalah kondisi keluarnya darah dari vagina yang berasal dari luruhnya dinding rahim. Haid akan dialami pertama kali pada usia remaja, dan berulang secara teratur setiap 21-35 hari, sampai tiba saatnya menopause di usia lanjut. Haid diatur oleh sistem hormon tubuh, sehingga tidak dapat dikontrol kapan datang dan kapan berhenti.

Apabila ada salah satu hormon tubuh yang berubah, maka siklus haid bisa saja terganggu. Salah satu hal yang dapat menyebabkan perubahan hormon adalah kehamilan. Tetapi, pada remaja yang belum menikah, ada juga beberapa hal lain yang menyebabkan perubahan tersebut, yaitu:

  • Naik atau turunnya berat badan secara drastis
  • Kondisi stres, misalnya saat memasuki tahun ajaran baru atau bertengkar dengan teman
  • Kelelahan akibat aktivitas fisik sehari-hari
  • Sering begadang 
  • Sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti junk food, minuman tinggi gula, atau minuman dengan pemanis buatan
  • Kondisi kesehatan tertentu seperti PCOS atau hipotiroid

Oleh karena itu, kemungkinan keterlambatan haid Anda bisa disebabkan oleh salah satu hal di atas. Apabila Anda tidak pernah melakukan hubungan seks atau petting sebelumnya, maka Anda tidak perlu melakukan testpack karena Anda tidak mungkin hamil, ya. 

Tetapi, jika memang Anda pernah melakukan aktivitas seksual sebelumnya, peluang kehamilan bisa saja ada, walaupun Anda masih remaja. Jika demikian, ada baiknya Anda menyampaikan hal ini kepada orangtua agar bisa didampingi untuk pemeriksaan ke dokter spesisalis kebidanan dan kandungan, ya.

Nantinya, di dokter, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengetahui kondisi Anda, agar dapat diberikan penanganan yang sesuai. Selain itu, lakukan juga gaya hidup sehat, yaitu mengonsumsi makanan bernutrisi terutama sayur dan buah-buahan, tidur cukup, rutin olahraga, dan mengendalikan tingkat stres. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi darah haid yang keluar terlalu banyak

Mengenal Cara Mengatasi Darah Haid yang Keluar Terlalu Banyak Menurut Medis

Cara mengatasi darah haid yang keluar terlalu banyak atau menorrhagia bisa menggunakan pil KB, obat penambah hormon, prosedur kuret, dan histerektomi.