Telat haid 6 hari tetapi testpack negatif

KY Info Penanya: KY, Wanita, 22 Tahun
telat haid sudah 6 hari, sudah testpack tapi negativ
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi KY,

Hamil bisa ditandai dengan beberapa tanda awal seperti terlambat haid, rasa tidak nyaman pada payudara, menjadi mual dan muntah terutama di pagi hari, keluhan badan menjadi mudah lelah, mood atau suasana perasaan yang mudah berubah, dan beberapa perubahan lain pada tubuh.

Meskipun terlambat haid bisa menjadi salah satu tanda awal hamil, tetapi terlambat haid juga bisa disebabkan oleh penyebab lain seperti:

  • Adanya gangguan dari hormon tubuh
  • Masalah berat badan yang tidak stabil naik turun dengan drastis atau kurang ideal
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Mengalami masalah kesehatan lain seperti gangguan tiroid
  • Efek obat-obatan tertentu

Jadi jika sudah melakukan testpack dan hasilnya negatif bisa diperhatikan dulu hingga siklus berikutnya. Kalau sampai 3 bulan berturut tidak haid dan testpack tetap negatif, maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter atau dokter spesialis kandungan. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan hormonal dan pemeriksaan USG untuk mencari tahu apa yang jadi penyebabnya.

Upayakan memperbaiki gaya hidup sehari-hari agar siklus haid bisa kembali lancar, bisa perbaiki jam tidur, menjaga asupan makan, olahraga dengan teratur, dan juga bisa memanfaatkan bahan alami untuk membantu melancarkan haid seperti misalnya mengonsumsi nanas, jahe, kunyit ataupun kayu manis. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr, Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat nyeri haid yang bisa dibeli di apotek

Pilihan Obat Nyeri Haid yang Bisa Dibeli Bebas di Apotek

Obat nyeri haid yang ampuh saat ini sudah dapat Anda beli sendiri di apotek tanpa resep dari dokter. Umumnya, obat jenis ini masuk ke dalam golongan obat OAINS.