Kenapa telat haid tapi kok negatif?

ME Info Penanya: ME, Wanita, 18 Tahun
Dok,saya mau nanyaSaya haid biasanya teratur dok, dan biasanya di tanggal 23 atau 24 dok, lalu di bulan lalu saya haid lebih cepat dok yaitu di tanggal 20 ,terus sekarang saya telat dok bahkan udah tanggal 28 saya belum haid juga, saya sudah tes menggunakan test pack, tapi hasilnya negatif dokItu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ME,

Siklus haid yang mundur memang seringkali dikaitkan dengan kehamilan, namun kenyataannya terlambat haid tidak berarti selalu hamil, sehingga wajar saja kalau hasil tes packnya negatif.

Beberapa penyebab terlambat menstruasi:

  • Kelelahan.
  • Perubahan berat badan di mana berat badan berlebihan atau justru terlalu kurus.
  • Faktor banyak pikiran.
  • Kebiasaan banyak bergadang.

Perihal hasil tes pack Anda yang masih negatif bisa saja disebabkan Anda memang hamil namun tes pack dilakukan terlalu cepat sehingga hormon kehamilannya belum terdeteksi pada urinnya. Atau kemungkinan kedua Anda memang tidak hamil, dan terlambat haid akibat faktor-faktor lain di atas.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah tes pack ulang jarak 1 minggu dari tes pack yang pertama, dan bila hasilnya tetap negatif maka jalankan pola hidup sehat seperti banyak makan sayur, rutin olahraga, dan cukup tidur jangan bergadang serta hindari stres. Karena pola hidup yang tidak benar akan mengganggu keseimbangan hormon-hormon yang ada di dalam tubuh dan berdampak mengganggu siklus haid Anda.

Bila dalam 3 bulan tetap belum haid, maka sebaiknya lakukan USG ke dokter kandungan terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi yang terlambat bisa jadi tanda awal kehamilan

Terlambat Menstruasi? Bisa Jadi Ciri-Ciri Kehamilan

Bagi perempuan yang sedang menanti kehamilan, beberapa perubahan dalam tubuh pasti jadi momen yang ditunggu-tunggu. Ciri-ciri kehamilan bisa beragam, ini dia yang paling umum terjadi.