27 Jul 2020, 12:45Kandungan

Apakah kondisi ini hanya terlambat haid atau karena saya hamil?

WW
Info Penanya: WW, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau tanya , terakhir saya haid tgl 15 juni dan berakhir sekitar tgl 21 juni dan di bulan juli samapai hari ini blm datang bulan ,tpi payudara dan puting saya terasa sakit , apakah ini bisa di katakan saya sudah telat haid atau ada tanda saya hamil dok??
10436 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, WTerima kasih atas pertanyaan AndaSiklus haid pada wanita dapat diketahui dengan cara dihitung dari hari pertama haid terakhir (bulan lalu) hingga hari pertama haid pada bulan berikutnya. Seorang wanita dikatakan mempunyai siklus haid yang normal bilamana siklus haidnya berkisar 21 - 35 hari. Terlambatnya siklus haid ini sering dihubungkan dengan adanya kehamilan, terlebih jika memiliki riwayat melakukan hubungan seksual sebelumnya. Selain karena adanya  kehamilan, terlambatnya siklus haid ini juga bisa disebabkan oleh kondisi lain.

Kondisi lain yang bisa menyebabkan siklus haid terlambat yaitu:

  • Stres dan atau kelelahan akibat aktivitas yang berlebihan
  • Adanya masalah hormonal, seperti pada PCOS
  • Adanya perubahan berat badan secara mendadak baik karena sedang menjalan program diet atau karena adanya penyakit tertentu
  • Obesitas
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita
  • Pengaruh dari penggunaan Alat kontrasepsi
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, apabila hari pertama haid Anda pada bulan lalu adalah 15 Juni 2020 maka sampai dengan hari ini (29 Juli 2020) sudah 44 hari Anda tidak haid. Karena normalnya adalah 21 - 35 hari, maka saat ini siklus haid Anda mengalami keterlambatan. Apabila, terdapat riwayat melakukan hubungan seksual sebaiknya lakukan tes kehamilan.Konsumsilah makanan sehat dan bergizi, hindari stres dan kelelahan, cukupi kebutuhan cairan harian Anda dan lakukanlah olahraga ringan supaya badan tetap sehat dan bugar. Jika siklus haid masih belum lancar atau hasil tes kehamilan positif segeralah periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan USG.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dian
siklus haidhamilmenstruasites kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil