Mengapa istri saya terlambat haid?

DA Info Penanya: DA, Pria, 25 Tahun
dokter sy mau tnya, istri saya telat haid hampir 2minggu, tp tdk ada ciri2 kehamilan, bln lalu ia haid, bbrp hari kmudian pndarahan lg, apakah mempengaruhi haid pd bln ini? mohon penjelasanny dok;)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, D

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sejak menginjak masa pubertas ketika remaja hingga menjelang masa menopause, seorang wanita pasti mengalami siklus haid. Normalnya, siklus haid pada wanita terjadi setiap 21 - 35 hari, dengan rata-rata wanita mempunyai siklus haid 28 hari. Terlambatnya siklus haid pada wanita kerap kali dikaitkan dengan adanya kehamilan, walaupun memang kehamilan dapat menyebabkan terlambatnya siklus haid namun kondisi ini perlu didukung beberapa tanda pasti dari kehamilan seperti adanya hasil pemeriksaan tespack (tes kehamilan) positif, adanya hasil pemeriksaan USG kehamilan dan pemeriksaan fisik oleh dokter spesialis kandungan.

Beberapa penyebab terlambatnya siklus haid selain karena kehamilan adalah:

  • Stres
  • Adanya kondisi medis tertentu atau sedang menjalankan diet yang menyebabkan terjadinya perubahan berat badan mendadak
  • Obesitas
  • PCOS
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita
  • Adanya aktifitas fisik berlebihan dan menyebabkan kelelahan
  • Efek sampingd ari penggunaan alat kontrasepsi

Perlu Anda ketahui bahwa mual, muntah, nyeri perut bawah, pusing, sensitif pada bau-bauan tertentu dan lain sebagainya bukan merupakan tanda pasti dari kehamilan. Untuk itu, sebaiknya segera periksakan istri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk mengetahui penyebabnya.

Pastikan istri Anda tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, menghindari stres, melakukan istirahat secara cukup, mencukupi kebutuhan cairan harian agar terhindar dari dehidrasi, dan melakukan olahraga ringan supaya badan tetap sehat dan bugar.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat mengalami varises, vena dapat terlihat menonjol atau berliku-liku

Temukan Penyebab Varises dari Faktor-faktor Risikonya

Varises adalah kondisi pembengkakan dan pembesaran pembuluh darah vena, biasanya di kaki dan tungkai. Penyebabnya adalah kurang olahraga, jarang bergerak, kehamilan, dan obesitas.