Telat haid sebelumnya melakukan hubungan seks apakah hamil?

SU Info Penanya: SU
Hallo dokSaya mau tanya bulan lalu saya haid tnggl 25 juli dan sampe skarang saya belum haid, dan kmrin tnggl 18juli sya berhubungan seks tetapi hanya keluar di luar dok,itu pertanda hamil atau hanya telat haid dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi F,

Terlambat haid adalah keluhan yang bisa timbul jika terjadi kehamilan, adanya masalah hormonal ataupun faktor penyebab lain. Jika sebelumya haid di tanggal 25 tetapi bulan berikutnya belum juga haid sampai bulan ini maka bisa coba dilakukan testpack terlebih jika ada riwayat melakukan hubungan seksual. 

Penyebab terlambat haid sendiri cukup beragam seperti:

  • Ketidakseimbangan hormonal tubuh
  • Masalah berat badan, bisa karena obesitas ataupun karena penurunan berat badan
  • Adanya masalah organ reproduksi
  • Gaya hidup yang kurang baik seperti kurang istirahat, aktivitas berat, banyak beban pikiran, kurang olahraga
  • Kondisi psikologis seperti stres, cemas, dan lainnya

Jika sebelumnya melakukan hubungan seksual, meskipun dilakukan dengan metode senggama terputus atau ejakulasi diluar, kemungkinan hamil bisa mungkin terjadi walaupun kecil. Saat terjadi penetrasi, bisa ada cairan preejakulasi yang mengandung sperma yang masuk dan mungkin bisa membuahi sel telur.

Untuk itu saat ini jika masih terlambat dan belum juga haid, bisa coba dilakukan pemeriksaan testpack. Jika hasilnya negatif berarti tidak hamil, tapi jika hasilnya samar perlu diulang pemeriksaannya atau dipastikan dengan pemeriksaan USG. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memasukkan jari ke vagina mungkin bisa merangsang pasangan, namun perhatikan juga risikonya

Penyebab Keluar Darah Saat Memasukkan Jari ke Vagina dan Cara Mencegahnya

Memasukkan jari ke vagina termasuk salah satu aktivitas seksual yang dilakukan agar suasana bercinta makin menggairahkan. Sayangnya, kegiatan ini kerap berisiko memicu perdarahan pada vagina. Mengapa bisa demikian?