Sempat telat haid lalu haid setelah berhubungan tetapi disertai nyeri yang tidak biasa

SU Info Penanya: SU, Wanita, 30 Tahun
Ass..Dok saya mau tny..Saya sdh telat haid sminggu tp smlm saya berhubungn sm suami saya dan tadi pagi tiba2 saya haid..tp saya merasakan cram pada perut dan sakit pada pinggul tidak seperti sakit haid pada bulan2 sblm ny..Tlg ksh saran ny dok.Mksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, L.

Telat haid merupakan keluhan yang dapat dialami wanita akibat berbagai faktor yang umumnya berhubungan dengan aktivitas hormon pengatur siklus haid, seperti terjadinya ketidakseimbangan. Adanya ketidakseimbangan pada hormon-hormon tersebut dapat pula dipicu oleh berbagai kondis medis.

Beberapa faktor dan kondisi medis tersebut antara lainnya, ialah :

  • obesitas atau terlalu kurus
  • kurang berolah raga atau bahkan terlalu banyak seperti atlet
  • pola makan tidak sehat atau mengalami gangguan tertentu
  • kelelahan
  • stres, kecemasan dan kondisi emosi labil lainnya
  • konsumsi obat-obatan tertentu
  • menderita penyakit tertentu seperti kista ovarium, sindroma polikistik ovarium, penyakit kelenjar tiroid dan lain-lainnya

Mengenai telah haid Anda yang kemudian terjadi setelah berhubungan mungkin sebelumnya dipicu oleh salah satu faktor diatas. Kram dan nyeri perut yang saat ini dirasakan dapat berupa gejala pra-menstrual yang masih memberikan efek karena yang yang sempat tidak lancar, umumnya berhubungan dengan aktivitas hormon prostaglandin.

Untuk sementara dapat Anda pantau hingga selesai haid, dan dapat dibantu diredakan dengan mengonsumsi air rebusan jahe dan kunyit serta bubuk kayu manis. Jika nyeri tidak kunjung hilang dan haid mengalami gangguan ada baiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter Kandungan.

Salam sehat,

dr. Rahmita

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab haid tidak teratur bisa jadi stres

6 Hal Penyebab Haid Tidak Teratur yang Mungkin Terjadi

Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa penyebab haid tidak teratur. Padahal, seharusnya seorang wanita mengalami menstruasi sebulan sekali.