22 Jul 2020, 12:17Kandungan

Mengapa saya terlambat haid?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 19 Tahun
Dokter, saya awal juni lalu baru selesai haid. Bulan inj sampai tanggal 22 Juli saya blm dapat haid lagi. Hasil tespek 2x selalu negatif. Di perut terasa kembung, begah dan perut berbunyi, Dok. Itu kenapa ya?
14644 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, STerima kasih atas pertanyaan AndaSiklus haid wanita dikatakan normal apabila terjadi dalam 21 hari sampai dengan 35 hari. Siklus haid ini dihitung dari hari pertama haid bulan ini sampai dengan hari pertama haid pada bulan berikutnya, rata-rata wanita mempunyai siklus haid 28 hari. Kehamilan, sering kali dikaitkan dengan terlambatnya siklus haid. Padahal, selain karena kehamilan siklus haid yang terlambat ini dapat disebabkan oleh kondisi lain.

Adapun beberapa kondisi lain tersebut diantaranya adalah:

  • Stres
  • Aktivitas fisik yang berlebih dan menyebabkan kelelahan fisik
  • Adanya masalah hormon
  • Adanya masalah terkait dengan organ reproduksi wanita
  • Obesitas
  • Diet yang menyebabkan perubahan berat badan secara mendadak
  • PCOS
  • Efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi
Tanda pasti dari kehamilan adalah tes kehamilan, pemeriksaan fisik dan diagnostik oleh dokter serta hasil pemeriksaan USG kehamilan oleh dokter spesialis kandungan. Terkait dengan perut begah, perut berbunyi, perut kembung, mual, pusing, sensitif terhadap bau, dan lain sebagainya bukan merupakan tanda pasti dari kehamilan.Apabila sebelumnya Anda telah melakukan tes kehamilan, namun hasilnya negatif. Anda bisa melakukan tes kehamilan ulang dengan jeda tujuh hari kemudian. Apabila hasil positif ataupun negaif dan siklus haid masih belum lancar, segeralah periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat.Tindakan sementara yang bisa Anda lakukan agar siklus haid teratur adalah dengan menghindari stres dan kelelahan, lakukan istirahat cukup, lakukan olahraga ringan, konsumsi makanan sehat serta bergizi seimbang.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dian
siklus haidmenstruasites kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil